Senin 11 Jun 2012 01:45 WIB

Italia Tahan Spanyol 1-1

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Striker Spanyol Fernando Torres saat menggiring bola ke jantung pertahanan Italia, pada pertandingan laga pertama Grup C Piala Eropa, berlangsung di Gdansk, Poland, Ahad (10/6).
Foto: AP Photo/Alvaro Barrientos
Striker Spanyol Fernando Torres saat menggiring bola ke jantung pertahanan Italia, pada pertandingan laga pertama Grup C Piala Eropa, berlangsung di Gdansk, Poland, Ahad (10/6).

REPUBLIKA.CO.ID, GDANSK -- Juara bertahan Spanyol harus puas berbagi angka dengan Italia, setelah kedua tim bermain seri 1-1 pada laga pembuka grup C, di PGE Arena, Gdansk, Ahad (10/6).

Meski jual beli serangan sudah tersaji sejak menit menit awal babak pertama, kedua raksasa Eropa itu baru bisa menciptakan gol pada babak kedua. 

Striker Antonio Di Natale, yang masuk menggantikan Mario Balotelli pada menit 56, berhasil membuat Italia unggul lebih dulu. Di Natalle, yang mendapat umpan terobosan dari Pirlo, berhasil mengoyak jala kiper Cassilas dengan tendangan kaki kanannya. 

Gol itu seolah membayar kegagalan Balotelli memanfaatkan peluang emas pada menit ke 53. Balotelli, yang saat itu tinggal berhadapan dengan Casillas di area kotak penalti, menyia-nyiakan kesempatan dengan terlalu lama membawa bola, hingga akhirnya dipatahkan Sergio Ramos. 

Meski sempat di atas angin, keunggulan Italia tidak bertahan lama. Hanya berselang empat menit, Tim Amarah Merah menyamakan kedudukan.

Cesc Fabregas yang mendapat umpan sodoroan dari Silva, mampu menembakan bola tajam mendatar di area kotak penalti melewati Buffon.

Serangan demi serangan terus terjadi mendekati menit-menit akhir pertandingan. Namun, hingga peluit panjang, kedua tim tak mampu menambah torehan gol.

Statistik pertandingan mencatat Spanyol mendominasi penguasaan bola sebanyak 60 persen. Spanyol membukukan sembilan kali tembakan akurat ke arah gawang, sementara Italia sebanyak enam kali.

Pertandingan cukup berjalan keras, dimana wasit mengeluarkan tujuh kartu kuning, masing-masing empat untuk Italia dan tiga untuk Spanyol.

Jalannya Pertandingan

Di awal laga, Spanyol lebih banyak melakukan ancaman. David Silva, Cesc Fabregas dan Andres Iniesta bergantian melakukan tembakan akurat ke arah gawang. Namun, upaya itu masih dapat diblok barisan pertahanan Italia. Sesekali Gianluigi Buffon melakukan penyelamatan-penyelamatan mudah.

Peluang emas pertama justru dimiliki Italia melalui Antonia Cassano pada menit 34. Mendapat umpan terobosan dari Andrea Pirlo, Fantantonio langsung menusuk daerah pinalti Spanyol dan melepaskan tembakan ke tiang jauh. Namun tendangannya masih terlalu lemah bagi Iker Casillas.

Casillas kembali harus jatuh bangun menjelang peluit turun minum. Cassano menusuk dari sisi kanan lapangan dan melepaskan crossing matang ke mulut gawang. Crossing itu disambut tandukan jarak dekat oleh Thiago Motta. Beruntung, dengan refleks secepat kilat, Casillas berhasil menghalau bola.

Peluit babak kedua ditiup, La Furia Roja langsung menggebrak. Menit ke 50, Andres Iniesta mendapat umpan matang dari Fabregas di dalam kotak pinalti. Sempat menggocek bola mendekati tiang gawang, tembakan Iniesta kemudian berhasil melewati hadangan Buffon. Namun, arah bola masih melebar tipis melewati mistar.

Seisi stadion bergemuruh ketika Andrea Pirlo menusuk dari lapangan tengah. Ia melepaskan umpan terobosan kepada Antonio Di Natale yang baru masuk menggantikan Mario Balotelli. Berdiri tanpa kawalan, Di Natale sukses menceploskan bola melewati hadangan Casillas pada menit ke 61. 1-0 untuk Azzurri.

Publik Italia hanya bisa bergembira selama tiga menit. Matador langsung merespon cepat dengan melakukan serangan frontal. Hasilnya, menit 64 Fabregas berhasil menyamakan kedudukan.

Bermula dari permainan tiki-taka antara barisan juru gedor Spanyol, Silva meneruskan bola ke dalam kotak pinalti. Cesc Fabregas yang berada di sisi kanan kotak 12 meter langsung menyongsong umpan terukur itu dan menaklukan Buffon dari jarak dekat.

Untuk menambah daya gedor, pelatih Spanyol Vicente del Bosque sempat memasukan striker Fernando Torres di menit ke 73 menggantikan Cesc Fabregas. 

Strategi itu hampir saja membuahkan hasil pada menit 85, kalau saja bola yang dicukil Torres, melewati Buffon, tidak melambung di atas mistar gawang.

Namun, hingga peluit panjang berbunyi, skor tetap awet 1-1. 

Susunan Pemain

Spanyol: Iker Casillas; Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, Gerard Piquè, Jordi Alba; Busquets, Xabi Alonso; David Silva (Jesús Navas 65'), Xavi, Iniesta; Cesc Fabregas (Fernando Torres 73')

Cadangan: Victor Valdes, Reina, Raul Albiol, Javi Martinez, Juanfran, Santi Cazorla, Jesus Navas, Pedro Rodriguez, Torres, Negredo, Juan Mata, Llorente

Italia: Gianluigi Buffon; Bonucci, Danielle De Rossi, Giorgio Chiellini; Maggio, Thiago Motta (Antonio Nocerino 90'), Andrea Pirlo, Claudio Marchisio, Giaccherini; Antonio Cassano (Sebastian Giovinco 65') Mario Balotelli (Antonio Di Natale 56')

Cadangan: Sirigu, De Sanctis, Ogbonna, Balzaretti, Abate, Barzagli, Montolivo, Diamanti, Nocerino, Di Natale, Borini, Giovinco

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement