Senin 18 Jun 2012 05:17 WIB

Tekuk Belanda, Portugal Hadapi Cheska di Perempat Final

Red: Endah Hapsari
Portugal vs Belanda
Foto: Berbagai Sumber
Portugal vs Belanda

REPUBLIKA.CO.ID, KHARKIV---Portugal mengalahkan Belanda 2-1 pada Ahad waktu setempat atau Senin dini hari WIB, untuk maju ke perempat final, di mana mereka sudah ditunggu Republik Cheska sekaligus membuat Belanda menelan kegagalan menembus fase grup untuk pertama kalinya sejak 1980.

Membutuhkan kemenangan dengan keunggulan dua gol untuk menjaga harapan mereka melaju ke babak berikutnya, Belanda unggul lebih dulu melalui Rafael van der Vaart, namun mereka kemudian kemasukan satu gol di setiap babak, yang ditorehkan pemain terbaik pada pertandingan itu, Cristiano Ronaldo.

Dari sudut pandang Belanda, skor akhir ini semakin memerosotkan mereka, setelah Denmark kalah 1-2 dari Jerman di pertandingan Grup B lainnya, sehingga seandainya menang pun, Belanda tidak akan mampu lolos ke babak delapan besar.

Portugal, yang akhirnya bintang mereka, Ronaldo, mampu menduplikasi penampilan menawan saat memperkuat Real Madrid, akan berkompetisi untuk memperebutkan tempat di babak semifinal, ketika mereka menghadapi Ceko di Warsawa, pada Kamis.