Ahad 24 Jun 2012 23:20 WIB

Lampard Beri Tips Eksekusi Pinalti

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gelandang timnas Inggris, Frank Lampard, melakukan peregangan saat sesi latihan di Colney, London, Selasa (29/5).
Foto: Reuters/Stefan Wermuth
Gelandang timnas Inggris, Frank Lampard, melakukan peregangan saat sesi latihan di Colney, London, Selasa (29/5).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Skenario adu pinalti banyak didengungkan sejumlah pengamat untuk menentukan pemenang dalam laga perempat final antara Inggris kontra Italia dini hari nanti. Gelandang The Three Lions Frank Lampard tak mau ketinggalan memberikan tips-tips mengeksekusi pinalti kepada rekan-rekannya.

Jenderal lapangan tengah Chelsea itu masih dikenal sebagai eksekutor pinalti terbaik Inggris. Ia telah mencatatkan tujuh gol dari titik 12 pas selama membele The Three Lions. Namun demikian, ia mengakui dibutuhkan keberuntungan dalam prosesnya.

“Setiap pemain dapat membuang pinalti, bahkan Lionel Messi sekalipun. Beruntung, sejauh ini saya punya catatan baik di klub maupun di level internasional. Pengalaman terberat saya adalah ketika Inggris menghadapi Kroasia pada kualifikasi Euro 2008,” kata pemain 34 tahun itu seperti dilansir Soccerway, Ahad (24/6).

Lampard menekankan pentingnya fokus ketika akan mengambil tendangan pinalti. Ia menyarankan pemain-pemain Inggris untuk berkonsentrasi penuh dengan rencana masing-masing sebelum mengeksekusi.

“Otak Anda akan berpacu. Anda tahu bahwa eksekutor pinalti selalu membawa beban untuk mencetak gol. Anda bisa mendengar suporter lawan ingin Anda gagal. Yang terpenting adalah membuat pikiran Anda jernih ketika melangkah ke depan gawang. Anda harus memutuskan apa yang akan dilakukan dan lakukanlah. Jangan sekali-kali merubah rencana Anda,” tandasnya.

Lampard gagal tampil di Polandia-Ukraina setelah terbelit cedera paha pada laga pemanasan Pra-Piala Eropa. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement