Jumat 29 Jun 2012 04:06 WIB

Gilas Jerman, Italia Tantang Spanyol di Final

Red: Karta Raharja Ucu
 GOl pertama Mario Balotelli saat melawan Jerman dalam laga semifinal Piala Eropa 2012 antara Italia melawan Jerman di Stadion Narodowny, Warsawa, Polandia, Jumat (29/6) dini hari WIB.
Foto: (Frank Augstein/AP)
GOl pertama Mario Balotelli saat melawan Jerman dalam laga semifinal Piala Eropa 2012 antara Italia melawan Jerman di Stadion Narodowny, Warsawa, Polandia, Jumat (29/6) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Selain kepada Mario Balotelli, Italia patut berterimakasih kepada kiper sekaligus kapten Gianluigi Buffon. Keduanya tampil perkasa kala menghancurkan Jerman 2-1 di babak semifinal Piala Eropa 2012 yang digelar di Stadion Nasional Warsawa, Jumat (29/6) dini hari WIB. Kemenangan itu mengantarkan Italia melaju ke final guna menantang juara bertahan Spanyol yang sudah lebih dulu lolos usai menyingkirkan Portugal di babak empat besar.

Dua gol Italia dalam laga itu dicetak Balotelli pada menit ke-20 dan menit ke-36. Tapi bukan hanya Balotelli yang berjasa mengantarkan Italia melangkah ke partai puncak yang bakal digelar di Stadion Olimpiade Kiev, Ukraina, 1 Juli mendatang. Buffon menjadi aktor dibalik kemenangan Italia. Kiper nomor satu Juventus itu tampil luar biasa di bawah mistar. Ia berulang kali mementahkan peluang yang didapat Jerman, sehingga gawang Italia terselamatkan.

Kemenangan itu memperpanjang rekor Italia tak pernah kalah dari delapan laga melawan Jerman. Sementara Jerman yang diunggulkan justru tampil di bawah standar. Formasi 4-2-3-1 yang diterapkan pelatih Jerman, Joachim Loew tak mampu menjinakkan kokohnya barisan pertahanan Italia. Kuartet Mario Gomez, Lukas Podolski, Bastian Schweinsteiger, serta Mesut Ozil 'mati gaya' dikepung barisan tengah Gli Azzurri yang dikomandio Andrea Pirlo dan Riccardo Montolivo.

Sementara Italia dengan skema 4-3-1-2 juga menurunkan hampir seluruh kekuatan terbaiknya. Pelatih Cesare Prandelli menurunkan bek Giorgio Chiellini, gelandang Daniele De Rossi, playmaker Andrea Pirlo serta duet striker Balotelli dan Antonio Cassano diturunkan sejak menit awal.