Senin 11 Jun 2012 13:27 WIB

Ukraina Vs Swedia, Menanti Tuah Tuan Rumah

Striker Veteran Andriy Shevcenko berlatih santai jelang laga versus Swedia
Foto: dailymail
Striker Veteran Andriy Shevcenko berlatih santai jelang laga versus Swedia

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Tuan rumah Ukraina akan memulai debut di Piala Eropa 2012 Senin (12/6) dini hari di stadion NSC Olimpiyskiy, Kyiv menghadapai kuda hitam lainnya di grup D, Swedia.

Ketika banyak orang memprediksikan Inggris dan Prancis yang akan lolos mewakili grup D ke babak selanjutnya, namun anak asuhan Oleg Blokhin akan mempertaruhkan kehormatannya sebagai tuan rumah.

Pesimisme mengiringi perjalanan Ukraina untuk menyiapakan diri di turnamen ini. Kekalahan beruntun dalam ujicoba melawan Austria dan Turki yang notabene tidak lolos ke putaran final makin membuat fans khawatir.

Namun striker veteran Andriy Shevchenko yakin dapat mengalahkan Swedia dan menatap optimis laga lawan Inggris dan Prancis.

"Saya tidak akan membatah fakta bahwa pertandingan melawan Austria dan Turki jauh dari apa yang kami harapkan," tegas mantan bintang AC Milan ini.

"Tapi ada alasan untuk bangkit, saya janjikan ke fans melawan Swedia, kalian akan melihat timnas Ukraina yang sama sekali berbeda," tuturnya.

Namun eks punggawa Chelsea tersebut nampaknya harus bersabar untuk memulai pertandingan dari bench. Dua penyerang Ukraina, ANdriy Voronin dan Marko Devic siap untuk membombardir Swedia.

Sedangkan cedera yang menghantam tiga kiper Ukraina memaksa Blokhin memainkan kiper Shakhtar Donetsk, Andriy Pyatov. Pyatov akan menghadapi serbuah stiker AC Milan Zlatan Ibrahimovic dan penyerang PSV Ola Toivonen  yang sedang produktif di klub masing-masing.

Sementara itu, Swedia datang dengan kepercayan tinggi. Memenangkan emapat pertandingan terakhir mereka sebelum Piala Eropa dan lolos otomatis sebagai runner up terbaik kualifikasi membuat anak asuhan Erik Hamren pede bisa membungkam publik tuan rumah.

Cedera Johan Elmander yang mungkin membuat kekuatan Swedia berkurang, namun fitnya trio Rasmus Elm, Sebastien Larsson and Kim Kallstrom di lini tengah bakal memanjakan duet Ibra-Toivonen.

Ibrahimovis sendiri siap menghadapi fans tuan rumah. "Saya selalu mengatakan bahwa 50 persen sepakbola adalah tentang penonton dan atmosfer," katanya. "Bagaimana fans bernyanyi dan bereaksi, itulah yang memberikan adernalin dan motivasi," pungkas top skor Serie A Italia musim ini tersebut.

Perkiraan Pemain :

Ukraina : Pyatov Husyev, Khacheridi, Mykhalik, Selin Timoschchuk, Nazarenko, Konoplyanka, Yarmolenko, Devic, Voronin

Swedia: Isaksson Lustig, Melberg, Olsson, Granqvist, Elm, Svensson, Kallstrom, Larsson, Toivonen, Ibrahimovic

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement