Selasa 27 Nov 2018 14:45 WIB

Guillermo del Toro Curhat Filmnya yang tak Pernah Tayang

Ada setidaknya 18 skenario untuk film dan televisi yang sudah digarap utuh.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Guillermo del Toro
Foto: EPA
Guillermo del Toro

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Guillermo del Toro mengungkap sejumlah karya filmnya yang sudah rampung ditulis skenarionya tapi tidak pernah dibuat. Ia bahkan membuat daftar ada setidaknya 17 skenario film.

"Saya telah mengembangkan, sepenuhnya ditulis atau ditulis bersama tapi tidak diproduksi (sejauh ini): The Witches, Justice League Dark, Beauty and the Beast, At the Mountain of Madness, Fantastic Voyage, The Count of Montecristo, Mephisto's Bridge, Pacific Rim 2," cicit del Toro, dikutip dari TheWrap, Selasa (27/11).

Baca Juga

Justice League Dark merupakan versi lebih gelap dari cerita komik DC. Del Toro bahkan sudah membahas proyek film ini sejak tahun 2012.

Sedang Beauty and the Beast akhirnya dikerjakan sutradara lain dan telah tayang. Pacific Rim 2 disebut del Toro juga sangat berbeda dengan Pacific Rim: Uprising yang telah tayang.

Di samping sederet proyek tersebut, dia pun menyatakan, proyek untuk serial TV  Marvel "The Hulk" juga masuk ke dalamnya. Skenario-skenario tersebut telah dia tulis atau kerja sama dengan penulis lain dan benar-benar telah selesai.

"Untuk menjadi jelas, ini adalah skenario sudah tertulis, selesai. Masing-masing dari mereka membutuhkan berbulan-bulan, bertahun-tahun dalam hidupku. Rapat sinopsis, lembar dan semuanya ditulis, masing-masing 90-130 halaman," ujar sutradara The Shape of Water.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement