Senin 03 Dec 2018 16:45 WIB

Pemerintah Baru Meksiko Berencana Jual Pesawat Kepresidenan

Meksiko akan menjual 60 pesawat dan 70 helikopter.

Rep: Marniati/ Red: Nur Aini
Presiden baru Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador
Foto: The Independent
Presiden baru Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Pemerintah baru Meksiko akan menjual pesawat kepresidenan. Menurut presiden baru Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador keberadaan pesawat itu merupakan bentuk pemborosan. Hal itu juga merupakan salah satu bentuk pemenuhan janji kampanyenya.

"Kami menjual semua pesawat dan helikopter yang digunakan politisi korup," kata Presiden Andres Manuel Lopez Obrador pada unjuk rasa di Xalapa, Veracruz setelah pelantikannya.

Menteri Keuangan Carlos Urzua mengadakan konferensi pers di Kota Meksiko pada Ahad untuk mengumumkan rencana penjualanan itu. Fotografer dan kru kamera diajak untuk melihat langsung bagian interior pesawat mewah itu, seperti kamar tidur presiden dan juga kamar mandinya.

Urzua mengatakan jet presidensial seharga  218 juta dolar AS itu  diperoleh pada akhir 2012. Ini adalah salah satu dari 60 pesawat pemerintah yang akan dijual. Pemerintah juga akan menjual 70 helikopter. Menurut pernyataan  kementerian keuangan pesawat itu akan diterbangkan pada Senin ke bandara Victorville di California selatan atas rekomendasi Boeing sambil menunggu pemilik baru.