Clock Magic Wand Quran Compass Menu

IU Beri Penghormatan Setahun Kematian Jonghyun di Konsernya

IU menyanyikan lagu Gloomy Clock yang dikomposisi oleh Jonghyun.

Red: Indira Rezkisari
Rep: Noer Qomariah K
Kim Jonghyun
AP Kim Jonghyun

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Penyanyi solo IU memberikan penghormatan emosional pada mendiang Jonghyun di konsernya baru-baru ini. Pada konser anniversary 10 tahunnya di Singapura dua hari yang lalu, IU mendedikasikan sebuah lagu untuk Jonghyun.

Dilansir dari Soompi, Senin (17/12), kedua penyanyi ini dikenal dekat. Perempuan bernama asli Lee Ji-eun ini pernah menggambarkan Jonghyun sebagai salah satu sahabatnya.

Selama konser, IU berkata dalam bahasa Inggris pada para penggemarnya. “Lagu berikutnya sebenarnya tidak ada di daftar set saya. Tetapi saya mempersiapkannya karena saya telah memikirkan tentang ini begitu banyak baru-baru ini,” kata IU.

IU kemudian mengganti mikrofon warna ungunya menjadi warna resmi klub penggemar SHINee, pearl aqua. “Saya benar-benar berharap lagu ini akan mencapai orang yang saya rindukan,” ujarnya sebelum membawakan lagu ‘Gloomy Clock’.

Lagu ini dikomposisikan oleh Jonghyun. IU telah menyebutkan di masa lalu bahwa ia jatuh cinta dengan lagu itu setelah mendengarnya.

Perempuan yang berulang tahun 16 Mei 1993 ini memohon pada Jonghyun untuk membeli lagu tersebut darinya. Penggemar IU berspekulasi bahwa ia mungkin telah mengubah lirik lagu untuk menyebutkan nama Jonghyun selama penampilannya. Sebab ia menyanyikan lirik ‘Jonghyun bersinar’, bukan lirik asli ‘hal-hal cepat berlalu’.

IU dan Jonghyun sebelumnya menyanyikan lagu bersama di konser solo “The Story by Jonghyun’ pada 2015. Dua tahun kemudian pria bernama asli Kim Jong-hyun, dilaporkan tewas pada Senin (18/12). Ia ditemukan dalam kondisi tak sadarkan diri di rumahnya di Seoul dan segera dilarikan ke rumah sakit.

Harian JoongAng di Korsel menduga Jonghyun mengakhiri hidupnya sendiri. Sebab, pemuda 27 tahun itu mengirimkan pesan singkat tak lazim kepada saudara perempuannya yang segera menghubungi polisi. "Tolong biarkan aku pergi. Katakan padaku aku melakukannya dengan baik. Selamat berpisah," kata Jonghyun lewat pesan singkat yang disampaikan kepada saudarinya.

Jonghyun berkarya bersama SHINee sejak 2008 saat merilis album debut The Shinee World. Boyband beranggotakan lima personel dengan koreografi tarian kompleks itu termasuk grup yang amat diperhitungkan dan telah meraih banyak penghargaan.

Sebagai vokalis solo serta penulis lagu, ia pun cukup sukses dan baru saja menggelar konsernya sendiri di Seoul bulan lalu. Tidak heran kabar kematiannya menimbulkan gelombang kesedihan dan ketidakpercayaan di antara para penggemarnya.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id

Berita Lainnya

Berita Terkait

Ruang Peringatan Resmi untuk Jonghyun Ditutup

- 01 January 1970, 00:00

SHINee Kenang Jonghyun di Konser Jepang

- 01 January 1970, 00:00

SM Entertainment Sediakan Ruang Jonghyun

- 01 January 1970, 00:00

Key SHINee Unggah Video Saat Kerja Sama dengan Jonghyun

- 01 January 1970, 00:00

Kenang Sebulan Kematian Jonghyun, SM Luncurkan Album

- 01 January 1970, 00:00

Berita Rekomendasi

Video

>

Berita Terpopuler

>