Rabu 19 Dec 2018 19:20 WIB

Indonesia Memiliki Rekam Jejak Baik Hadapi Isu Kemanusiaan

Indonesia tidak pernah berdiam diri menyikapi kondisi dan tantangan isu kemanusiaan.

Rep: Novita Intan/ Red: Agus Yulianto
Menteri Luar Negeri Republika Indonesia, Retno Marsudi.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Menteri Luar Negeri Republika Indonesia, Retno Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memiliki rekam jejak baik dalam menghadapi isu kemanusiaan. Tak heran, jika pemerintah Indonesia selalu mengedepankan isu tersebut menjadi prioritas dalam setiap pertemuan internasional. 

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, rekam jejak Indonesia bagi perdamaian, kemanusiaan, dan kesejahteraan dapat dilihat dari berbagai aksi dan kontribusi yang dibangun dalam beberapa dekade. 

“Masalah perdamaian dan kemanusian adalah sangat penting saat ini dihadapi dunia dan saling terkait satu sama lain. Dua isu ini rekam jejak Indonesia menorehkan catatan yang baik dan diapresiasi dunia yakni diplomasi Indonesia di bidang perdamaian dan kemanusiaan,” ujarnya saat sambutan acara PKPU Human Initiative Spirit of Humanity di Wisma Antara, Selasa (18/12). 

Menurutnya, selama ini, pemerintah Indonesia tidak pernah berdiam diri menyikapi kondisi dan tantangan isu kemanusiaan. Mesin diplomasi kemanusiaan di Indonesia terus bergerak. “Kami mendengar, kami berlari, dan kami membantu yang selama ini dilakukan oleh diplomasi Indonesia dalam isu kemanusiaan,” ucapnya.