Kamis 20 Dec 2018 13:12 WIB

Bidik Pasar Halal, Maybank Malaysia Lakukan Ekspansi Global

Pasar ekonomi halal dunia telah meningkat hampir tiga kali lipat dari tahun 2012.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Maybank Malaysia, ilustrasi
Maybank Malaysia, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Bank Islam terbesar di Malaysia sedang mendirikan cabang luar negeri pertama. Pendirian cabang luar negeri ini untuk memenuhi permintaan pembiayaan ekonomi halal global senilai 6,4 triliun dolar AS.

CEO Maybank Islamic Bhd Rafique Merican mengatakan pihaknya mengharapkan untuk mendapatkan persetujuan pengaturan untuk mendirikan cabang Dubai pada semester pertama tahun depan. "Bank juga sedang berusaha meningkatkan bisnis wealth management dengan memanfaatkan keberadaan induk Malayan Banking Bhd di Singapura," kata Rafique seperti dilansir di The Edge Market, Kamis (20/12).

Pasar ekonomi halal dunia, telah meningkat hampir tiga kali lipat dari tahun 2012. Namun menurut Rafique, jumlah pembiayaan yang serupa tidak dapat mengejar peningkatan itu.

Dana syariah tetap kecil, dengan 73 persen memiliki kurang dari 25 juta dolar AS di bawah manajemen, dibandingkan dengan 394 juta dolar AS rata-rata untuk kepemilikan non-Islam, katanya. Di situlah ia melihat potensi.