Jumat 04 Jan 2019 19:28 WIB

Anggaran Pembangunan Tembok Donald Trump tak Dikabulkan

House of Representative menyetujui paket anggaran tanpa pembangunan tembok.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Petugas AS menembakkan gas air mata ke arah migran di perbatasan Meksiko
Foto: AP Photo/Rodrigo Abd
Petugas AS menembakkan gas air mata ke arah migran di perbatasan Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- House of Representative Amerika Serikat (AS) telah menyetujui paket anggaran untuk mengakhiri penutupan parsial pemerintah atau shutdown yang telah berlangsung selama dua pekan. Namun anggaran yang diajukan pemerintahan Donald Trump untuk pembangunan tembok perbatasan Meksiko tetap tidak dikabulkan. 

Majelis rendah, pada Kamis (3/1) malam waktu setempat, meloloskan enam paket anggaran untuk mendanai pemerintah AS pada 2019. Karena anggaran pembangunan tembok perbatasan tak diberikan, Senat, yang dikuasai Partai Republik, diperkirakan akan memblokir paket anggaran tersebut. 

Ketua House of Representative Nancy Pelocy mengatakan Trump dan Senat, harus menerima dan menyetujui paket anggaran itu. Sebab bagaimana pun, House of Representative telah sepakat untuk tidak mendanai pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko. 

"Kami tidak akan membuat tembok. Adakah yang ragu apakah kita tidak membuat tembok?" ujar Pelosi kepada awak media pada Kamis malam. Dia pun sempat ditanya apakah mau memberi satu dolar AS kepada Trump untuk membangun tembok guna mengakhiri shutdown.