Rabu 16 Jan 2019 16:54 WIB

Pentagon: Cina Miliki Sistem Senjata Tercanggih di Dunia

Cina disebut memiliki senjata hipersonik yang mampu bawa rudal berkecepatan suara.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Militer Cina (ilustrasi)
Foto: EPA/IGOR KOVALENKO
Militer Cina (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pentagon mengatakan, Cina berada di titik puncak untuk mengoperasikan beberapa sistem senjata paling canggih di dunia. Dalam beberapa kasus, Cina bahkan dianggap sudah dapat melampaui para pesaingnya.

Sebuah laporan rahasia dari Defense Intelligence Agency mengatakan Beijing telah membuat langkah militer yang sangat besar dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu berkat undang-undang domestik yang memaksa mitra asing untuk membocorkan rahasia teknisnya dengan imbalan akses ke pasar Cina yang luas.

Salah satu kemajuan yakni dalam desain angkatan lautnya. Cina memiliki rudal jarak menengah dan senjata hipersonik, tempat rudal dapat terbang dengan kecepatan suara dan menghindari sistem pertahanan rudal.

"Hasil dari pendekatan beragam untuk akuisisi teknologi ini adalah, PLA (Tentara Pembebasan Rakyat) dapat menerjunkan beberapa sistem senjata paling modern di dunia. Di beberapa bidang, Cina sudah memimpin dunia," kata Pentagon dalam laporan yang berjudul "Kekuatan Militer Cina."