Senin 21 Jan 2019 20:42 WIB

Jepang Singkirkan Arab Saudi di Babak 16 Besar Piala Asia

Penampilan disiplin tim Samurai Biru terbukti mampu mematahkan semua upaya Arab Saudi

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pemain Jepang merayakan kemenangan atas lawan mereka Arab Saudi pada putaran 16 besar Ajang AFC Asian Cup di Sharjah, Uni Emirat Arab, Senin (21/1)
Foto: Mahmoud Khaled/EPA
Pemain Jepang merayakan kemenangan atas lawan mereka Arab Saudi pada putaran 16 besar Ajang AFC Asian Cup di Sharjah, Uni Emirat Arab, Senin (21/1)

REPUBLIKA.CO.ID, SHARJAH -- Jepang berhasil memastikan satu tempat di babak perempat final Piala Asia 2019, usai mengalahkan Arab Saudi 1-0 di fase 16 besar di Stadion Al Sharjah, Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (21/1) petang WIB.

Gol kemenangan Jepang di laga itu dicetak oleh bek tengah Takehiru Tomiyasu pada menit ke-20. Atas keberhasilan ini, Jepang kembali mengulangi prestasi seperti pada Piala Asia 2015.

Di babak perempat final, tim besutan Hajime Moriyasu itu sudah ditunggu Vietnam, yang secara mengejutkan mampu menyingkirkan juara Grup B, Yordania, lewat adu penalti. Pada babak pertama, tempo permainan cenderung berjalan dengan lambat.

Arab Saudi mencoba mengambil inisiatif serangan, sedangkan Jepang terlihat lebih banyak menunggu dan mengantisipasi serangan-serangan Arab Saudi. Di sepanjang babak pertama, The Green Falcons memang mampu menguasai permainan lewat keunggulan penguasaan bola mencapai 70 persen.

Bahkan, runner-up Piala Asia 2007 itu unggul dalam hal tembakan, yaitu lima tembakan berbanding dua yang dilakukan oleh para penggawa Jepang. Namun, tidak adanya skema penyerangan yang tepat ditambah kedisiplinan lini pertahanan Jepang membuat berbagai serangan The Green Falcons tidak berbuah maksimal.

Satu-satunya peluang terbaik Arab Saudi di sepanjang babak pertama terjadi pada menit ke-35 lewat tendangan melengkung Hatan Bahebri dari dalam kotak penalti. Sayangnya, bola hasil tendangan Bahebri itu masih melebar di sisi kanan gawang Jepang.

Sementara di kubu Jepang, permainan tim Samurai Biru jauh lebih efektif, dengan memanfaatkan serangan-serangan balik cepat. Peluang pertama yang tercipta di laga ini justru mampu diciptakan tim Samurai Biru.

Gelandang Ritsu Doan sempat melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti pada menit ketujuh. Namun, bola hasil tendangan Doan itu bisa dihalau pemain bertahan The Green Falcons.

Arab Saudi, yang asyik menyerang, justru dikagetkan dengan gol dari bek tengah Jepang, Takehiru Tomiyasu, pada menit ke-20. Berawal dari eksekusi tendangan penjuru, Tomiyasu berhasil menanduk bola tepat di depan muka gawang Arab Saudi. Bola pun bersarang mulus di pojok kiri bawah gawang The Green Falcons, tanpa bisa dihalau kiper Mohammed Al-Owais.

Usaha Arab Saudi untuk bisa merobek gawang Jepang pun terus berlanjut pada babak kedua. Dengan penguasaan bola mencapai 73 persen, The Green Falcons terus mengurung pertahanan Jepang.

Bahkan pada pertengahan babak kedua, tim besutan Juan Antonio Pizzi itu sempat menciptakan tiga peluang emas. Pada menit ke-62, penyerang Fahad Al Muwallad berhasil menusuk ke jantung pertahanan Jepang lewat sisi kiri. Namun, Al Dawsari yang menerima umpan tarik Al Muwallad, gagal melepaskan tendangan mengarah ke gawang tim Samurai Biru.

Empat menit berselang, Arab Saudi kembali mendapatkan peluang. Kali ini, lewat tendangan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Bahebri. Sayangnya, bola tendangan Bahebri itu meluncur tipis di sisi kiri gawang Jepang.

Pun dengan peluang lewat sundulan bek tengah Ali Bulaihi pada menit ke-75. Bola hanya melambung tinggi di atas mistar gawang lawan. Skor 1-0 pun bertahan hingga laga usai. Arab Saudi memang mampu menguasai permainan dan terus melancarkan serangan, dengan catatan 10 tendangan, tapi hanya satu tembakan yang mengarah ke gawang.

Penampilan disiplin tim Samurai Biru terbukti mampu mematahkan semua upaya Arab Saudi di laga itu, sekaligus menyingkirkan tiga kali pemegang titel Piala Asia tersebut dari gelaran Piala Asia 2019.

Susunan Pemain: Jepang (4-2-3-1) Pelatih: Hajime Moriyasu Kiper: Gonda Belakang: Nagatomo, Yoshida, Tomiyasu, Sakai Tengah: Shibasaki, Endo; Haraguchi, Minamino, Doan Depan: Muto Arab Saudi (4-1-4-1 Pelatih: Juan Antonio Pinzi Kiper: Mohammed Al-Owais Belakang: Al-Bulayhi, Al Fatil, Al-Shahrani, Al-Burayk Tengah: Otayf; Al-Dawsari, Al-Mogahwi, Al-Bishi, Bahbir Depan: Al-Muwallad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement