Kamis 24 Jan 2019 02:41 WIB

Relawan: Hoaks Masif Serang Jokowi di Jabar

Misalnya, hoaks tentang Jokowi yang mendiskreditkan kalangan ulama.

Red: Ratna Puspita
Hoax. Ilustrasi
Foto: Indianatimes
Hoax. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Relawan yang tergabung dalam Tim Sahabat Rakyat Nasional menyatakan sejumlah berita bohong atau hoaks masif menyerang calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo di Jawa Barat. Misalnya, hoaks tentang Jokowi yang mendiskreditkan kalangan ulama.

"Kami melihat, Pak Jokowi ini selalu dibangun yang tidak benar, misal Jokowi dianggap sebagai pemerintah yang mendiskreditkan ulama. Nah itu coba dibuat sedemikian rupa, padahal kenyataan tidak demikian," kata Koordinator Tim Sahabat Rakyat Nasional Khaerudin Nurman, di Kota Bandung, Rabu (23/1).

Ditemui sesuai menjadi pembcara pada acara diskusi Obrolan Pilpres 2019 dengan Kaum Milenial, Khaerudin menuturkan di Jawa Barat terdapat banyak hoaks yang beredar di media sosial terutama yang menyerang Presiden Joko Widodo. Menurut dia, sejumlah kabar bohong yang marak beredar di kalangan provinsi terpadat ini seperti stigma anti-Islam yang dialamatkan kepada Jokowi.

"Kemudian diciptakan hoaks seolah-olah bahwa Jokowi seperti rezim kejam, padahal Jokowi sendiri enggak kejam. Yang pernah kejam itu di sebelah," katanya.