Kamis 31 Jan 2019 15:07 WIB

Batik Ridwan Kamil Dipamerkan di Bandung

Batik dengan motif desain Ridwan Kamil nantinya bisa dibeli lewat Dekranasda.

Red: Indira Rezkisari
Sambutan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Sambutan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat memamerkan Batik Garuda Kujang Kencana dan Batik Ironman, yang lebih dikenal dengan sebutan Batik Telor Ceplok. Batik tersebut merupakan karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Pameran Legenda Batik Nusantara di Graha Manggala Siliwangi Bandung.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat Atalia Praratya Kamil dalam siaran persnya, Kamis (31/1), mengatakan batik karya Ridwan Kamil hanya bisa diperoleh melalui Dekranasda Jawa Barat. Atalia menuturkan bahwa suaminya, Ridwan Kamil, hobi mendesain apa pun, termasuk batik.

"Kang Emil itu adalah seorang 'desainer'. Beliau adalah arsitek tetapi senang sekali untuk mendesain apa pun, termasuk mendesain batik sendiri," kata Atalia tentang suaminya.

Awalnya, kata Atalia, Ridwan Kamil mendesain batik untuk digunakan sendiri namun karena kemudian banyak warga yang berminat dia bekerja sama dengan Batik Komar dan Batik Trusmi untuk memproduksinya dalam jumlah banyak. "Kang Emil mendesain hanya dipakai untuk diri sendiri. Tapi animo masyarakat luar biasa, bahkan yang palsunya pun sudah ada dimana-mana," kata dia.