Sabtu 09 Feb 2019 09:19 WIB

Pembatasan Kendaraan Bergantung Ketegasan Peraturan

Warga Singapura malas membawa mobil karena salah sedikit akan langsung ditilang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Bilal Ramadhan
Ilustrasi Ditilang
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Ditilang

REPUBLIKA.CO.ID, Rencana pembatasan usia kendaraan yang kembali meruak menimbulkan sejumlah pro dan kontra juga di masyarakat. Pasalnya, akan timbul pertanyaan, bagaimana kalau mobil sudah renta tetapi emisinya baik? Lalu, bagaimana kalau mobil itu adalah mobil satu-satunya yang mampu dibeli si pemilik?

Salah seorang anggota Komunitas Mobil Timor, Rizky Ramadhan (35 tahun), mengaku mobil bermerek Timor 1995 miliknya masih layak jalan karena lolos uji emisi. “Saya menggunakan Pertamax sebagai bahan bakar. Mobil saya masih kuat dibawa jalan jauh,” kata Rizky.

Pembatasan usia kendaraan yang direncanakan akan dilakukan di Jakarta memang aturan yang tepat tetapi harus diiringi aturan lainnya. Jika hal tersebut sudah benar-benar dibuatkan aturan dan sanksinya, penegak hukum harus tegas memberlakukannya.

Ia memberikan contoh di Singapura, saat ia mendatangi negara itu untuk bertemu rekannya. Di sana, aturan bagi kendaraan roda empat benar-benar ditegakkan dengan serius. Salah satunya, jika tidak membayar denda tilang setelah diperingatkan sebanyak tiga kali, pelanggar akan dipenjara.