Ahad 10 Feb 2019 17:19 WIB

Sekjen PAN: Produk Indonesia Masih Belum Bisa Bersaing

Bahkan produk-produk Indonesia kalah saing dengan Vietnam, Laos dan Kamboja

Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno
Foto: Istimewa
Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasioanal (Sekjen PAN) Eddy Soeparno mengatakan, produk-produk dalam negeri belum mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri. Hal ini ia ungkapkan saat menjadi pembicara dalam Kopdar Gerakan Milenial Indonesia (GMI) se-Jawa Barat di Grand Parahyangan Estate, Bogor, Ahad (10/2).

"Produk-produk kita tidak bisa bersaing di luar negeri karena produk-produk yang diekspor Indonesia adalah produk-produk yang miskin teknologi, yang di luar negeri sudah tidak laku," kata Eddy Soeparno dalam rilisnya, Ahad (10/2).

Eddy Soeparno menjelaskan, Indonesia kalah bersaing dengan produk-produk dari Vietnam, Laos, Kamboja karena negara-negara tersebut memiliki basis teknologi. Sedangkan produk-produk Indonesia tidak memiliki basis teknologi, yang saat ini menjadi motor penggerak perekonomian di seluruh dunia.

"Jadi mohon maaf saya bisa katakan produk-produk Indonesia tidak memiliki daya saing. Untuk itulah kita membutuhkan orang-orang, anak-anak muda, milenial yang mampu melihat ke depan, memiliki kreativitas dan daya saing yang tinggi untuk meningkatkan kualitas produk dalam negeri. Jangan cuma impor aja," jelas dia.

Di sela-sela wawancara, Eddy Soeparno juga menyampaikan, hingga saat ini Indonesia masih dijajah oleh bangsa asing melalui produk-produknya yang dipasarkan di Indonesia. "Sepanjang kita belum bisa mandiri, memproduksi sendiri ya kita akan tetap memiliki daya saing kelas rendah," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement