Sabtu 16 Feb 2019 17:17 WIB

Jokdri Tersangka, PSSI Belum akan Gelar Kongres Luar Biasa

Kemenpora enggan menanggapi penetapan tersangka Jokdri.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Gusti Randa
Foto: Republika
Gusti Randa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan tugas (Satgas) Antimafia Bola menetapkan Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono sebagai tersangka. Tim bentukan Mabes Polri tersebut menuduh Jokdri, sapaan akrab Joko Driyono, sebagai aktor intelektual atau orang yang menyuruh melakukan aksi pencurian dan penghancuran barang bukti dalam penyidikan pengaturan dan manipulasi laga di kompetisi sepak bola nasional.

Satgas menjerat Jokdri dengan sangkaan berlapis. Ketua Satgas Antimafia Bola Brigadir Jenderal (Brigjen) Hendro Pandowo menjelaskan, Pasal 363, 232, dan 233 juncto Pasal 55 KUH Pidana menanti Jokdri. Yaitu tentang menghalangi penyidikan dan penghilangan barang bukti. Hukuman dua sampai empat tahun penjara menanti Jokdri jika terbukti bersalah saat di pengadilan.

Baca Juga

Ketua Komite Hukum di PSSI Gusti Randa kepada wartawan, Sabtu (16/2) menyampaikan, penetapan Jokdri sebagai tersangka, belum mendesak federasi nasional melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI untuk mengganti peran pelaksana ketua umum. Menurut Gusti, Jokdri pun ditetapkan sebagai tersangka bukan karena pengaturan dan manipulasi pertandingan yang diharamkan dalam statuta sepak bola internasional.

“PSSI masih solid untuk bekerja menjalankan program-program hasil kongres kemarin,” kata Gusti.

Sementara, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) enggan menanggapi penetapan tersangka Jokdri. Ketika ditanya apakah pemerintah akan mendorong pemilik suara di federasi agar menggelar kongres pergantian ketua umum PSSI, Kemenpora tak mau merespons “Saya tidak ingin komentar terkait itu,” kata Menpora Imam Nahrawi, Sabtu (16/2).

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Bali United Bali United 2 2 0 0 5 4 6
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 2 2 0 0 5 4 6
3 PSM Makassar PSM Makassar 2 2 0 0 5 4 6
4 Persija Persija 2 1 1 0 3 3 4
5 Persita Persita 2 1 1 0 1 1 4

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَّذِيْنَ يَتَّبِعُوْنَ الرَّسُوْلَ النَّبِيَّ الْاُمِّيَّ الَّذِيْ يَجِدُوْنَهٗ مَكْتُوْبًا عِنْدَهُمْ فِى التَّوْرٰىةِ وَالْاِنْجِيْلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهٰىهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبٰتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبٰۤىِٕثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ اِصْرَهُمْ وَالْاَغْلٰلَ الَّتِيْ كَانَتْ عَلَيْهِمْۗ فَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِهٖ وَعَزَّرُوْهُ وَنَصَرُوْهُ وَاتَّبَعُوا النُّوْرَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ مَعَهٗٓ ۙاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ ࣖ
(Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Adapun orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an), mereka itulah orang-orang beruntung.

(QS. Al-A'raf ayat 157)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement