Kamis 21 Feb 2019 19:55 WIB

Julie Bishop Mundur dari Parlemen Australia

Julie Bishop merupakan menteri luar negeri perempuan pertama Australia.

Red: Nur Aini
Julie Bishop merupakan perempuan pertama yang menjabat Menteri Luar Negeri Australia.
Foto: AAP
Julie Bishop merupakan perempuan pertama yang menjabat Menteri Luar Negeri Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Mantan menteri luar negeri Australia Julie Bishop mengumumkan pengunduran dirinya dari kancah politik federal Australia, dalam sebuah pernyataan mengejutkan setelah sesi sidang tanya jawab di parlemen federal Australia Kamis (21/2).

Sejak kalah dalam pemilihan kepemimpinan di internal Partai Liberal tahun lalu, Julie Bishop menduduki posisi sebagai backbench di parlemen federal Australia. Julie Bishop telah menguasai suara di daerah pemilihan Curtin, Perth Australia Barat sejak 1998 dan merupakan menteri luar negeri perempuan pertama Australia.

Baca Juga

Tokoh termasyhur dari Partai Liberal ini mengaku dirinya akan tetap mencalonkan diri dalam pemilihan umum Australia 2019. Namun di hadapan anggota parlemen federal Australia Kamis (21/2), ia mengaku bahwa baru-baru ini dirinya mempertimbangkan kembali masa depannya di parlemen dan ingin mengejar kehidupan di luar dunia politik.

"Adalah sebuah kehormatan besar bagi saya telah menjadi anggota parlemen terlama mewakili Curtin dan juga menjadi wakil pemimpin Partai Liberal, dan wanita pertama yang memegang peran itu, [dan] selama 11 tahun, lebih dari setengah dari seluruh karier politik saya," katanya pada Parlemen.