Sabtu 23 Feb 2019 18:18 WIB

Koperasi Perikanan Didorong Jadi Kekuatan Ekonomi Nelayan

Saat ini terdapat 1.988 koperasi perikanan di Indonesia.

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Friska Yolanda
Ilustrasi Koperasi Warga
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Koperasi Warga

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Koperasi perikanan didorong menjadi peluang menjalankan usaha seluas-luasnya guna meningkatkan kesejahteraan nelayan. Sebab, koperasi menjadi kekuatan ekonomi nelayan karena dilakukan secara bersama-sama. 

"Nelayan bersatu dalam koperasi akan mampu melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan sendiri untuk meningkatkan kesejahteraannya," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring dalam Temu Akbar Nelayan Nasional II Tahun 2019, Jumat (22/2) di Sorong, Papua Barat akhir pekan ini.  

Menurutnya, berbagai bidang usaha bisa dilakukan dalam koperasi, antara lain pengadaan BBM, perbekalan untuk kebutuhan melaut dan bidang usaha lainnya. Keberadaan koperasi memberikan kemampuan bagi nelayan untuk menjalin kemitraan dan bersinergi dari berbagai pelaku usaha lainnya dari hulu ke hilir. Karena itu ia yakin sektor perikanan dapat semakin berkembang asal dilakukan secara bersama-sama. 

"Saya menyarankan pakailah koperasi sebaik-baiknya secara bersama-sama. Kunci keberhasilan koperasi ada di bapak-ibu para nelayan ini," kata Meliadi.