Selasa 26 Feb 2019 23:09 WIB

Targetkan 80 Ribu Pengunjung, Museum Penerangan Bidik Jabar

Untuk mencapai target 80 ribu Muspen menggaet sejumlah agen travel di Jabar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Museum Penerangan TMII.
Foto: Tamanmini.com
Museum Penerangan TMII.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Museum Penerangan (Muspen) yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, tahun ini menargetkan kunjungan 70 ribu sampai 80 ribu pengunjung. Untuk mencapai target tersebut, Kepala Muspen Abdullah menggenjot jumlah pengunjung, ia menggaet sejumlah agen travel, dan asosiasi kepariwisataan di Jawa Barat.

Sebagai langkah awal, Muspen yang merupakan bagian dari Direktorat Jendral Informasi Dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika  telah melakukan sosialisasi dengan menggelar Travel Dialog "Ayo ke Muspen!" Potensi Wisata Edukasi melalui Museum, di Hotel Grand Tebu Kota Bandung, Selasa (26/2).

Baca Juga

Saat itu hadir 50 agen travel yang ada di Jawa Barat, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Indonesian Tour Leaders Association (ITLA), Asosisasi Museum Indonesia Daerah Jawa Barat (AMIDA JABAR), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Asep Kambali (Ketua Komunitas Historia Indonesia) dan Duta Museum Penerangan.

Menurut Abdullah,  jumlah pengunjung Museum Penerangan pada 2018 berjumlah 63.591 orang. Jumlah tersebut mencakup rombongan yang dibawa oleh beberapa agen travel diberbagai kota di pulau Jawa.