Sabtu 16 Mar 2019 08:47 WIB

Masyarakat di Lima Desa Tandatangani Komitmen Konservasi

Masyarakat ingin kawasan hutan dijaga.

Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Hutan
Foto: ANTARA FOTO
Ilustrasi Hutan

REPUBLIKA.CO.ID, POSO -- Masyarakat lima desa di Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) kemitraan konservasi dengan Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).

PKS tersebut ditandatangani lima kepala desa bersama Kepala Balai Besar TNLL Jusman disaksikan Direktur Kawasan Konservasi pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Diah Murtiningsih di Desa Kageroa, Kecamatan Lore Barat, Jumat.

Baca Juga

Lima desa yang berkomitmen memelihara dan melestarikan hutan dan seluruh keanekaragaman hayati di dalam kawasan konservasi di wilayah Lembah Bada itu yakni Desa Kalori, Desa Lengketa, Desa Tuare, Desa Lelio dan Desa Kageroa.

Menurut para kades, selama ini masyarakat secara turun temurun sangat ramah dengan kawasan hutan. Sehingga fungsi hutan tetap dipelihara. Itu bisa dilihat dari sungai-sungai yang tidak pernah menyusut airnya dan karena pepohonon tumbuh sangat rapat, hampir tidak ada cela.