Selasa 19 Mar 2019 17:30 WIB

Menko PMK Bersama Presiden Coba MRT Jakarta

Puan berharap antusiasme masyarakat dibarengi dengan budaya tertib dan disiplin.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda
Mencoba MRT. Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan saat mencoba moda raya terpadu (MRT) Ratangga Bundaran HI-Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (19/3/2019).
Foto: Republika/ Wihdan
Mencoba MRT. Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan saat mencoba moda raya terpadu (MRT) Ratangga Bundaran HI-Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Selasa (19/3) siang, bersama Presiden Joko Widodo mencoba moda transportasi Mass Rapid Transit Jakarta (MRTJ) dengan rute Stasiun Bundaran HI-Stasiun Lebak Bulus. Dalam uji coba itu, Presiden dan rombongan menteri lainnya berangkat dari Stasiun Bundaran HI sekitar pukul 12.30 WIB.

Banyak masyarakat yang juga mencoba moda transportasi MRT menyambut antusias kunjungan presiden dan para menterinya. Setelah menempuh perjalanan selama setengah jam, rombongan Presiden tiba di stasiun Lebak Bulus.

Baca Juga

Saat turun di stasiun Lebak Bulus, masyarakat masih menyambut rombongan dengan meriah. Ramainya masyarakat tersebut menurut Presiden membuktikan bahwa masyarakat sangat antusias akan moda transportasi MRT.

"Antusias (masyarakat naik) MRT ini sangat besar,” ujar Presiden seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (19/3).

Sementara itu, Puan berharap antusiasme masyarakat dibarengi dengan budaya tertib dan disiplin dalam menggunakan MRT. Ia mengklaim infrastruktur MRT kan sudah bagus, karenanya harus dijaga dengan mentaati peraturan MRT.

"Masyarakat jangan saling berebut dan jangan buang sampah sembarangan," katanya.

Selain Menko PMK Puan Maharani, turut mendampingi Presiden dalam kesempatan ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Lalu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani, Ketua DPRD Prasetio Edy Marsudi dan lainnya.

Kunjungan ini dilakukan Presiden setelah sebelumnya menggelar rapat terbatas yang membahas kebijakan pengelolaan transportasi Jabodetabek di Istana. Ratas merupakan lanjutan pada Januari lalu guna mengoordinasikan percepatan integrasi pengelolaan, jaringan sistem koordinasi perkotaan antar wilayah di Jabodetabek.

Rencananya, Presiden Joko Widodo  dijadwalkan bakal meresmikan operasional MRT pada Ahad (24/3). Peresmian MRT tersebut dilakukan di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement