Selasa 26 Mar 2019 10:38 WIB

Menanti Tangan Dingin Cacing untuk Bakset Indonesia

Coach cacing akan menggantikan Ito sebagai pelatih timnas basket Indonesia.

Rep: Fitriyanto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Wahyu Widayat Jati
Foto: nblindonesia
Wahyu Widayat Jati

JAKARTA -- Wahyu Widayat Jati siap mengemban tugas sebagai pelatih baru tim nasional (timnas) basket Indonesia. Coach Cacing, demikian ia biasa disapa, hanya tinggal menunggu surat keputusan untuk menjadi arsitek tim basket putra Indonesia. Hal tersebut menyusul mundurnya Fictor Roring dari jabatan pelatih sebelumnya.

Coach Ito, panggilan akrab Fictor Roring, memutuskan mengundurkan diri karena faktor kesehatan. Selain itu, Ito juga ingin fokus menjadi manajer umum di klub basket Pelita Jaya Jakarta.

Menurut Cacing, kapan pun timnas membutuhkan, dia akan selalu menerima tanggung jawab yang diberikan. "Saya selalu siap membantu apa saja kalau untuk urusan sama timnas. Manajer tim nasional (Fahreza Tamrela) sudah berbicara dengan saya kalau dia sudah ditunjuk menjadi manajer," kata Cacing kepada Republika, Senin (25/3).

Cacing mengatakan, medali perak merupakan target yang paling realistis untuk timnas di pentas SEA Games 2019 Filipina. Menurut dia, Filipina masih menjadi kekuatan yang sulit dijinakkan.