Jumat 05 Apr 2019 00:40 WIB

Indonesia di Peringkat Ke-159 FIFA

Indonesia menempati posisi kelima di Asia Tenggara.

Red: Israr Itah
Para pemain timnas senior Indonesia saat berlatih. (ilustrasi)
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Para pemain timnas senior Indonesia saat berlatih. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia belum beranjak dari posisi 159 di peringkat Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yang diperbarui pada Kamis (4/4). Dikutip dari laman FIFA, Indonesia yang menaklukkan Myanmar dengan skor 2-0 pada laga persahabatan terbarunya, hanya bisa menambah lima poin, yakni dari 1.003 meningkat ke 1.008. Myanmar turun dua peringkat di peringkat terkini FIFA, dari 138 ke 140.

Indonesia menempati posisi kelima di Asia Tenggara. Skuat Garuda berada di bawah Vietnam (peringkat 98 FIFA), Thailand (114), Filipina (124) dan Myanmar (140). Di bawah Indonesia ada Singapura (160), Malaysia (168), Kamboja (173), Laos (184), Brunei Darussalam (194) dan Timor Leste (195).

Baca Juga

Di tingkat Asia, Indonesia berada di posisi ke-32, persis di bawah Kuwait dan di atas Singapura. Posisi tim terbaik Asia dipegang oleh Iran, diikuti Jepang dan Korea Selatan.

Jika tidak ada perubahan regulasi, posisi 32 besar di Asia membuat Indonesia berhak langsung menuju putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023. Putaran kedua ini dihuni oleh 40 tim, yaitu peringkat 1-34 Asia AFC dan enam tim pemenang putaran pertama. Kualifikasi putaran kedua ini berlangsung mulai awal September 2019 sampai Juni 2020.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هُوَ الَّذِيْ يُسَيِّرُكُمْ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِۗ حَتّٰٓى اِذَا كُنْتُمْ فِىْ الْفُلْكِۚ وَجَرَيْنَ بِهِمْ بِرِيْحٍ طَيِّبَةٍ وَّفَرِحُوْا بِهَا جَاۤءَتْهَا رِيْحٌ عَاصِفٌ وَّجَاۤءَهُمُ الْمَوْجُ مِنْ كُلِّ مَكَانٍ وَّظَنُّوْٓا اَنَّهُمْ اُحِيْطَ بِهِمْۙ دَعَوُا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۚ لَىِٕنْ اَنْجَيْتَنَا مِنْ هٰذِهٖ لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الشّٰكِرِيْنَ
Dialah Tuhan yang menjadikan kamu dapat berjalan di daratan, (dan berlayar) di lautan. Sehingga ketika kamu berada di dalam kapal, dan meluncurlah (kapal) itu membawa mereka (orang-orang yang ada di dalamnya) dengan tiupan angin yang baik, dan mereka bergembira karenanya; tiba-tiba datanglah badai dan gelombang menimpanya dari segenap penjuru, dan mereka mengira telah terkepung (bahaya), maka mereka berdoa dengan tulus ikhlas kepada Allah semata. (Seraya berkata), “Sekiranya Engkau menyelamatkan kami dari (bahaya) ini, pasti kami termasuk orang-orang yang bersyukur.”

(QS. Yunus ayat 22)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement