Senin 08 Apr 2019 14:47 WIB

ASN Mataram Deklarasi Netralitas Pemilu 2019

Sosialisasi digelar di halaman kantor wali kota Mataram, NTB, Senin (8/4).

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenakan kaos bertuliskan ajakan untuk melawan hoaks (ilustrasi)
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenakan kaos bertuliskan ajakan untuk melawan hoaks (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Mataram menggelar sosialisasi dan deklarasi netralitas aparatur sipil negara (ASN) Mataram dalam Pemilu 2019. Sosialisasi digelar di halaman kantor wali kota Mataram, NTB, Senin (8/4).

Wali Kota Mataram Ahyar Abduh mengingatkan seluruh ASN di Mataram untuk menggunakan hak pilihnya. Selain itu juga mendorong sosialisasi kepada keluarga dan masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilih masing-masing.

Baca Juga

Ahyar menilai pemilu merupakan momentum yang sangat penting dan strategis bagi perjalanan demokrasi di Indonesia dan akan menentukan masa depan bangsa. "Jangan ada yang tidak menggunakan hak pilih," ujar Ahyar.

Ahyar juga meminta ASN menjaga netralitas. Ahyar meminta Panwaslu Kota Mataram kembali mengingatkan mengenai ketentuan-ketentuan yang berlaku bagi ASN, karena tidak ingin ada temuan-temuan pelanggaran di kalangan ASN Mataram. Ahyar mengaku tidak akan mengarahkan ataupun membatasi para ASN. Nnamun berharap ASN dapat menempatkan diri dengan semestinya karena ada ketentuan, keterikatan, dan kewajiban yang harus dijaga sebagai ASN.

"ASN tidak boleh secara aktif atau nyata-nyata memfasilitasi kegiatan politik, tidak ikut dalam kerja-kerja politik, tidak ikut dalam kegiatan-kegiatan kampanye, tapi tetap memilih," kata Ahyar menambahkan. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ اَنْتُمْ بِالْعُدْوَةِ الدُّنْيَا وَهُمْ بِالْعُدْوَةِ الْقُصْوٰى وَالرَّكْبُ اَسْفَلَ مِنْكُمْۗ وَلَوْ تَوَاعَدْتُّمْ لَاخْتَلَفْتُمْ فِى الْمِيْعٰدِۙ وَلٰكِنْ لِّيَقْضِيَ اللّٰهُ اَمْرًا كَانَ مَفْعُوْلًا ەۙ لِّيَهْلِكَ مَنْ هَلَكَ عَنْۢ بَيِّنَةٍ وَّيَحْيٰى مَنْ حَيَّ عَنْۢ بَيِّنَةٍۗ وَاِنَّ اللّٰهَ لَسَمِيْعٌ عَلِيْمٌۙ
(Yaitu) ketika kamu berada di pinggir lembah yang dekat dan mereka berada di pinggir lembah yang jauh sedang kafilah itu berada lebih rendah dari kamu. Sekiranya kamu mengadakan persetujuan (untuk menentukan hari pertempuran), niscaya kamu berbeda pendapat dalam menentukan (hari pertempuran itu), tetapi Allah berkehendak melaksanakan suatu urusan yang harus dilaksanakan, yaitu agar orang yang binasa itu binasa dengan bukti yang nyata dan agar orang yang hidup itu hidup dengan bukti yang nyata. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

(QS. Al-Anfal ayat 42)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement