Selasa 23 Apr 2019 04:39 WIB

Unggulnya Pelawak Zelenskiy di Pilpres Ukraina Picu Resah

Ukraina memasuki kondisi politik yang tak menentu.

Red: Nashih Nashrullah
Komedian Ukraina Volodymyr Zelenskiy saat konferensi pers usai pemilihan presiden di Kiev, Ukraina, Ahad (31/3).
Foto: AP Photo/Emilio Morenatti
Komedian Ukraina Volodymyr Zelenskiy saat konferensi pers usai pemilihan presiden di Kiev, Ukraina, Ahad (31/3).

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV— Ukraina memasuki kondisi politik yang tak menentu pada Senin (22/4), setelah hasil yang mendekati akhir memperlihatkan seorang pelawak tanpa pengalaman politik dan sekelumit kebijakan terperinci secara dramatis memutar-balikkan status quo, menang dalam pemilihan presiden.

Kemenangan Volodymyr Zelenskiy menjadi pukulan keras buat calon petahana Petro Poroshenko dan mencuatkan teka-teki buat penanam modal, Barat serta Rusia, yang bertanya-tanya pendekatan apa yang akan Dia lakukan dalam semua hal mulai dari hubungan dengan Moskow sampai sektor perbankan dalam negeri.

Baca Juga

Zelenskiy (41) akan mengambil alih kepemimpinan negara yang berada di garis depan pertikaian Barat dengan Rusia itu, setelah Moskow mencaplok Krimea dan dukungannya buat aksi perlawanan pro-Rusia di Ukraina Timur.

Dalam pemungutan suara babak-kedua pada Ahad (21/4), Poroshenko (53) telah berusaha menghimpun pemilih, dan menampilkan diri sebagai "benteng" dalam melawan agresi Rusia dan pelopor identitas Ukraina.