Selasa 23 Apr 2019 14:55 WIB

Korban Banjir di Kab Bandung Bersihkan Sisa Lumpur

Warga berinisiatif membersihkan fasilitas umum dan fasilitas sosial

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Jajaran BPBD Kabupaten Bandung, TNI dan Polri serta masyarakat membersihkan lumpur sisa banjir di wilayah Baleendah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot, Senin (22/4).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Jajaran BPBD Kabupaten Bandung, TNI dan Polri serta masyarakat membersihkan lumpur sisa banjir di wilayah Baleendah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot, Senin (22/4).

REPUBLIKA.CO.ID, DAYEUHKOLOT- Sebagian korban banjir di Kampung Bojong Asih, Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung mulai membersihkan sisa lumpur dari banjir di rumah-rumah dan fasilitas umum dan fasilitas sosial. Banjir yang sudah surut sejak, Jumat (19/4) meninggalkan lumpur dengan ketinggian antara 10-40 cm.

Tokoh pemuda Bojong Asih, Yadhi Acim mengungkapkan sebagian rumah warga sudah ada yang dibersihkan. Namun, lumpur masih terdapat di gorong-gorong, gang dan pemukiman warga. Masyarakat pun berinisiatif membersihkan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang terkena dampak banjir.

"Alhamdulillah, masyarakat berinisiatif membersihkan fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti SDN Bojong Asih 1 dan 2. Masyarakat prihatin sekolah pascabanjir tidak ada yang membersihkan. Kita tadi masyarakat dibantu babinsa," ujarnya, Selasa (23/4).

Ia mengatakan, pihaknya berencana pada akhir pekan nanti akan mengadakan bersih-bersih pascabanjir bersama seluruh masyarakat. Ia pun mengatakan masyarakat membutuhkan peralatan untuk membersihkan lumpur.