Sabtu 27 Apr 2019 21:51 WIB

Tingkatkan Minat Literasi, DD Gandeng Hijabers Community

Tingkat literasi Indonesia ada di peringkat 60 dari total 61 negara.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Gita Amanda
Sejumlah anak membaca buku. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah anak membaca buku. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Central Connecticut State University Amerika Serikat, menempatkan tingkat literasi Indonesia di peringkat 60 dari total 61 negara. Penelitian ini menunjukkan rendahnya minat baca warga Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, Dompet Dhuafa (DD) yang berkolaborasi dengan Hijabers Community mengadakan acara HC DAY IT’S YOUR DAY di Mall Kota Kasablanka, Sabtu (27/4) malam. Dalam acara itu, Dompet Dhuafa mengajak para pengunjung terutama Muslimah turut andil dalam program pemberdayaan masyarakat Dompet Dhuafa, salah satunya kampanye Taman Baca untuk Masyarakat Marginal.

Baca Juga

“Caranya cukup mudah, yakni dengan membuka website bawaberkah.org atau scan barcode dan melalui rekening Bank BNI maupun Muamalat yang tertera,” jelas Imam Rulyawan, selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi kepada Republika.co.id, Sabtu (27/4).

Meningkatkan literasi anak-anak Indonesia, kata Imam, bukan hanya tugas pemerintah, namun menjadi kewajiban bersama. Dengan dibangunnya Taman Baca untuk anak-anak kurang mampu, Imam berharap dapat membantu meningkatkan kecerdasaan anak-anak Indonesia.

“Merekalah yang paling membutuhkan support kita karena untuk membeli buku saja susah. Dengan niat yang sangat baik dan tulus ini semoga kita mendapatkan pahala dan manfaat untuk diri kita sendiri dan orang banyak,” ungkap Imam.

Menurut Imam, minat baca yang rendah merupakan salah satu masalah yang serius bagi Bangsa Indonsesia, khususnya bagi anak-anak.  Melihat masalah tersebut, Dompet Dhuafa bersama Hijabers Community membangun Taman baca untuk membantu melitersikan anak-anak kurang mampu yang terdapat di wilayah Kampung Kuluk Leugeut, RT/RW 008/004, Desa. Siketug, Kec. Ciomas, Kab. Serang, Banten.

“Karena dengan membaca dapat menambah wawasan berbagai pengetahuan serta  melatih otak untuk berpikir kreatif dan kritis sehingga melahirkan anak-anak Indonesia yang cerdas dan beradab,” kata dia.

Taman baca masyarakat Anak desa tersebut diharapkan dapat membuat anak-anak mencintai buku. Selain itu, terdapat empat program yang diterapkan taman baca, yakni Buku Bergerak, Belajar Bersama Relawan, Beasiswa, Beasiswa Pendidikan, dan Listrik untuk Pesantren.

Acara ini juga diikuti oleh artis-artis hijrah ternama seperti, Zaskia Sungkar, Irwansyah, Fitri Tropica, dan beberapa publik figur lainnya. Acara diiisi dengan pengajian akbar, talkshow, Bazaar dan kegiatan Charity. Di sisi lain, dengan campaign #jangantakutberbagi Dompet Dhuafa mengajak berbagai element masyarakat untuk ikut menjadi bagian dalam aksi meliterasikan anak-anak Indonesia bersama Hijabers Community.

“Dengan membaca buku sangat bermanfaat bagi anak-anak khususnya, serta banyak mendapatkan kosa kata baru, dan membantu mengaktifkan kerja otak,dengan  meningkatkan kreatifitas dan imajinasi serta menambahkan nilai-nilai moral sosial,” tutup Imam.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement