Selasa 30 Apr 2019 22:00 WIB

Hadiah Grand Slam Wimbledon Naik Jadi Rp 703,88 Miliar

Penyelenggara juga menaikkan hadiah uang untuk petenis yang kalah pada babak awal.

Red: Endro Yuwanto
Andy Murray mengangkat trofi juara Wimbledon.
Foto: REUTERS/Stefan Wermuth
Andy Murray mengangkat trofi juara Wimbledon.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Hadiah uang turnamen tenis Grand Slam Wimbledon naik 11,8 persen menjadi 38 juta pound atau sekitar Rp 703,88 miliar mulai edisi tahun ini. Dilansir Reuters, Selasa (30/4), juara tunggal putra dan putri akan menerima hadiah sebesar 2,35 juta pound atau setara Rp 43,5 miliar atau naik sekitar 100 ribu pound (Rp 1,8 miliar) lebih banyak dari nilai hadiah pada 2018.

Penyelenggara juga akan menaikkan hadiah uang untuk petenis yang kalah pada babak awal. Hadiah uang untuk kualifikasi dan putaran pertama sampai tiga dalam nomor tunggal akan naik 10 persen. Saat ini berlaku adalah kompensasi 45 ribu pound (Rp 833 juta) untuk petenis tunggal yang tersisih pada putaran pertama.

Wimbledon kali ini juga akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini court one atau lapangan satu akan dilengkapi atap. Selain itu, turnamen edisi tahun ini tidak akan menerapkan aturan shot clock (batas waktu maksimal pemain sebelum memukul servis yang diterapkan pada Australia Open tahun ini.

"Padahal aturan ini rencananya akan mulai diterapkan pada 2020," kata ketua penyelenggara Richard Lewis.

Turnamen tahun ini juga akan menerapkan tiebreak sampai kedudukan maksimal 12-12 dalam set penentuan pada semua nomor dan untuk pertama kalinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement