REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BP bersama dengan mitra joint venture (perusahaan patungan) AKR, mengumumkan bahwa beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pertama mereka di Indonesia telah dibuka di DKI Jakarta. Joint venture tersebut kini mengumumkan ekspansi ke Surabaya dengan dibukanya SPBU BP yang berlokasi di Raya Gubeng.
BP memiliki strategi untuk menghadirkan bahan bakar dan pelumas berkualitas, serta kenyamanan bagi konsumen di negara-negara dengan pangsa pasar yang sedang berkembang. Pembukaan SPBU ini mengukuhkan kehadiran BP di pasar bahan bakar Indonesia yang sedang tumbuh. Joint venture ini akan membangun 350 unit SPBU di Indonesia selama satu dekade ke depan.
Vice President of New Markets BP Downstream, Neale Smither, mengatakan Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di kawasan regional dan kami bangga bisa memasuki pasar ini bersama AKR sebagai mitra kami.
“BP terkenal di seluruh dunia karena bahan bakar kami yang berkualitas tinggi, pelumas Castrol, dan kenyamanan luar biasa yang kami tawarkan. Kami senang dapat memberikan lebih banyak pilihan bahan bakar berkualitas, serta pelayanan nomor satu khas BP kepada konsumen kami di Indonesia,” ujar Neale, Jumat (3/5).
SPBU ini menawarkan bahan bakar inovatif BP dengan teknologi ACTIVE. Dikembangkan dan diuji oleh para ilmuwan BP di laboratorium kelas dunia, semua kadar bensin BP mengandung formula khusus untuk mengatasi kotoran dan dapat melindungi mesin dari penumpukan kotoran dan mempertahankan performa kendaraan.
Menyadari pentingnya kendaraan roda dua bagi konsumen Indonesia, BP melakukan program penelitian, pengembangan dan pengujian terbesarnya yang ditujukan secara khusus untuk sepeda motor. Setelah pengujian selama lebih dari seribu jam, BP dengan bangga mempersembahkan serangkaian bahan bakar berkualitas yang memberikan manfaat sama bagi sepeda motor dan mobil.
BP juga bermitra dengan sejumlah bisnis lokal terkenal seperti Alfamart, Castrol Bike Point yang dioperasikan oleh SiTepat, dan Martabak Orins untuk menawarkan kenyamanan bagi konsumen di Indonesia. Selain itu, BP juga baru saja bergabung dengan program Ponta, sebuah program loyalitas multi-mitra dimana konsumen dapat memperoleh dan menebus poin di berbagai outlet ritel.
BP merupakan salah satu mitra terbaru dalam program tersebut, dimana konsumen dapat memperoleh 100 poin Ponta untuk setiap pembelian satu liter bahan bakar BP.
Haryanto Adikoesoemo, Presiden Direktur AKR mengatakan kemitraan dengan BP memperkuat komitmen jangka panjang kami untuk industri dan Indonesia. "Ini adalah salah satu tonggak sejarah kami dan kami bangga dapat bermitra dengan BP. Dengan kesempatan ini, baik BP dan AKR bermaksud untuk mengembangkan dan menawarkan pengalaman yang berbeda kepada konsumen Indonesia dengan memanfaatkan kemampuan dan keahlian yang telah terbukti dari BP dan AKR di Indonesia,” ujar Haryanto.
SPBU BP akan dioperasikan oleh PT Aneka Petroindo Raya (BP AKR Fuels Retail), sebuah perusahaan baru yang didirikan oleh joint-venture dari BP dan AKR. BP-AKR juga sedang memperluas jaringan ritelnya melalui jalur dealer dan siap memberikan penawaran bagi mitramitra potensial.
Mitra potensial yang tertarik untuk berkembang bersama BP di Indonesia dapat mengunjungi situs BP untuk detil lebih lanjut tentang mekanisme pendaftaran.
BP berkomitmen untuk mewujudkan masa depan yang rendah karbon, yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dalam kegiatan operasinya, meningkatkan produk dan layanannya untuk membantu pelanggan menurunkan emisi mereka, serta menciptakan bisnis rendah karbon yang baru.
SPBU BP di Indonesia akan disertifikasi sebagai karbon netral melalui program carbon offsetting BP, BP Target Neutral. Setiap lokasi akan memiliki rencana pengurangan karbon jangka panjang dengan sisa emisi diimbangi melalui BP Target Neutral. BP memiliki lebih dari 18 ribu unit SPBU di 20 negara di seluruh dunia.