Rabu 15 May 2019 21:40 WIB

10 Tanda Lingkungan Kerja Anda 'Beracun' (2-Habis)

Tidak ada waktu selain bekerja dapat mengancam keseimbangan hidup Anda

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Christiyaningsih
Pekerja kantoran. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Pekerja kantoran. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua orang beruntung memiliki karier menyenangkan dan memuaskan. Sebagian terjebak dalam pekerjaan 'beracun' yang akhirnya membahayakan kesehatan fisik dan mental. Dikutip dari Womanitely, Rabu (15/5), berikut 10 tanda Anda terjebak dalam lingkungan kerja buruk.

 

Baca Juga

6. Tak ada waktu selain bekerja

Bahkan jika Anda berpikir pekerjaan Anda relatif memuaskan, ini tetap saja menjadi pekerjaan beracun jika perlahan mengambil alih seluruh hidup Anda. Anda tak memiliki waktu selain untuk bekerja, bahkan untuk kehidupan pribadi dan hobi. Ini berarti keseimbangan hidup Anda terancam.

7. Tidak ada apresiasi

Pimpinan terus mendorong Anda bekerja melewati batas fisik dan mental demi mencapai tujuan yang hampir mustahil dicapai. Pekerjaan Anda pada akhirnya menggerogoti harga diri Anda dan menguras semua cadangan energi. Anda juga tak diberikan apresiasi atas prestasi di kantor. Pujian dari atasan pun hampir tak ada.

8. Pengkhianatan

Orang-orang yang menikmati pekerjaan mereka sering menggambarkan kantornya tempat ramah dan terbuka. Persahabatan sesama rekan kerja berjalan positif, tanpa ada pengkhianatan. Lingkungan kerja yang penuh dengan orang-orang yang khianat adalah pil beracun bagi kesehatan mental Anda.

9. Loyalitas kurang

Anda tak pernah merasa aman karena karyawan bisa dipecat kapan saja tanpa melewati tahapan-tahapan prosedural. Ini mendorong kurangnya loyalitas, ketidakpastian, dan kecemasan yang membuat karyawan menjadi paranoid. Ini menghambat kemampuan Anda merencanakan masa depan terkait pekerjaan.

10. Bergumul dengan kemarahan

Anda menghabiskan hari-hari di tempat kerja sembari bergumul dengan kemarahan. Ini merupakan tanda lingkungan kerja Anda beracun. Orang yang dulunya ramah bisa menjadi pemarah dan agresif setelah bertahun-tahun menerima perlakuan buruk di tempat kerja.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ
Dan di antara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya (niscaya mereka menyesal).

(QS. Al-Baqarah ayat 165)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement