Senin 27 May 2019 21:51 WIB

Mulai Rusak, Taman Air Mancur Purwakarta Butuh Revitalisasi

Pemkab Purwakarta sebut Taman Air Mancur Sri Baduga revitalisasi

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta.
Foto: dok. Disporaparbud Purwakarta
Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Taman air mancur Sri Baduga, Situ buleud, Kabupaten Purwakarta, mengalami kerusakan. Pasalnya, sejak lima tahun terakhir dibangun fasilitas publik itu belum sekalipun di revitalisasi. Sedangkan, hampir setiap pekan, fasilitas tersebut dioperasikan untuk menghibur masyarakat secara gratis.

Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana, membenarkan jika saat ini banyak kerusakan. Salah satu kerusakannya, seperti terlihat pada bangku penonton yang terdapat di sekeliling Situ Buleud itu. Banyak bangku yang kondisinya patah. Bahkan, yang masih bagus juga kelihatannya rapuh dimakan usia.

Baca Juga

"Selain itu, komponen mekanikal elektrika untuk pengoperasian air mancur menari di lokasi itu juga mengalami kerusakan," ujarnya, kepada Republika.co.id Senin (27/5).

Kerusakan komponen ini, lanjutnya, terjadi di zona satu elektrikal yang memakai kabel fiber optik. Serta, zona empat yang meliputi mesin pompa air.