Jumat 31 May 2019 14:25 WIB

Survei Republika: 40 Persen Responden Ingin Lapangan Kerja

Hanya empat persen responden yang menginginkan pemerintah fokus infrastruktur

Rep: Rizky suryarandika / Red: Karta Raharja Ucu
Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi
Foto: mgrol100
Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi

Isu-isu ekonomi pemerintahan baru menjadi sorotan utama yang disampaikan oleh responden survei Republika-Claster Consulting. Bobot fokus isu ekonomi ini lebih besar dibandingkan isu penegakan hukum, pendidikan, sosial, keagamaan, bahkan infrastruktur (lihat tabel).

Total responden yang menginginkan pemerintahan baru langsung fokus ke isu ekonomi ada 55 persen, dibandingkan isu pemberantasan korupsi (19 persen) atau isu jaminan kesehatan nasional (4 persen) dan isu pendidikan (4 persen), serta isu pembangunan infrastruktur (4 persen).

Dalam memandang isu ekonomi itu, responden menilai, pemerintahan baru yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma'ruf Amin harus mampu menggarap tiga hal prioritas. Prioritas pertama adalah membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Sebanyak 40 persen responden survei Republika-Claster memandang hal ini sebagai prioritas terdepan pemerintahan yang akan datang. Kemudian disusul oleh menurunkan harga-harga atau biaya hidup agar lebih terjangkau (10 persen) dan meningkatkan pendapatan (4 persen).