Jumat 31 May 2019 19:55 WIB

Cara Menghalau Kulit Kusam

Kulit kusam bisa dihalau dengan mempertahankan keseimbangan air dan minyak di wajah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kulit wajah kering dan terkelupas
Foto: Boldsky
Kulit wajah kering dan terkelupas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wajah kusam bisa dikarenakan banyak faktor, seperti polusi maupun hormonal. Kulit pun bisa tiba-tiba berkomedo dan berjerawat.

Menurut dr Olivia Ong dari Jakarta Aesthetic Clinic, kulit menjadi kusam dikarenakan penumpukan kotoran. Saat menyinari kulit, cahaya justru tidak memantul karena kotoran yang terlalu banyak menempel.

Baca Juga

Cahaya yang masuk malah akan terserap di daerah banyak kotoran. Alhasil, komedo terlihat semakin banyak di pori-pori.

"Jika kulit wajah seimbang kadar air dan minyaknya, maka saat terkena cahaya akan cemerlang, sinar yang terpancar bagus, tidak kusam," ujarnya di Jakarta.

Sebenarnya kulit wajah juga memproduksi kandungan-kandungan alami yang dibutuhkan untuk kesehatannya, termasuk kadar air dan minyak. Akan tetapi, saat produksinya tidak cukup, maka kulit membutuhkan pasokan dari eksternal.

Kulit membutuhkannya dari luar untuk regenerasi sel sehingga bisa tampak awet muda. Kandungan yang dibutuhkan, antara lain antioksidan dan asam amino.

"Tanda kulit sehat ialah tampak cemerlang tanpa pakai krim tertentu," jelasnya.

Belakangan, tren bareface membuat orang kian sadar akan perlunya menjaga kesehatan kulit wajah. Mereka ingin memperlihatkan wajahnya alami tanpa pulasan kosmetik.

Tentunya, dibutuhkan perawatan untuk bisa menjaga kesehatan kulit wajah. Olivia menyebutkan, JAC menawarkan combination treatment tanpa bedah maupun jarum suntik. Contohnya, treatment peeling komedo melalui pemberian cairan yang dibutuhkan kulit wajah mulai dari Rp 750 ribu, tergantung kebutuhan kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement