Sabtu 08 Jun 2019 18:30 WIB

Silaturahim dan Pesan Moral Rasulullah SAW

Sedikitnya, ada empat pesan moral Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan Tirmizi.

Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: Wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Meski Ramadhan yang disebut Rasulullah SAW sebagai sayyidusy-syuhur (tuannya bulan-bulan) telah berlalu, masih banyak kesempatan bagi kita mendapatkan kebaikan dari pesanpesan moral yang disampaikan kepada umat Islam setelah berakhirnya bulan suci Ramadhan.

Sedikitnya, ada empat pesan moral Rasulullah SAW sebagaimana yang diriwayatkan Tirmizi, Rasulullah SAW berpesan, ‘’Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan kepada orang miskin, sambunglah kekeluargaan, dan shalatlah pada malam hari ketika orangorang sedang tidur, niscaya kamu akan masuk surga dengan selamat.’’ 

Pesan Rasulullah SAW di atas sangat relevan bagi bangsa Indonesia saat ini. Umat Islam Indonesia yang baru saja menyelesaikan ibadah shaum Ramadhan selama sebulan penuh, diperintahkan oleh Rasulullah SAW untuk senantiasa menebarkan salam di muka bumi.

Di pengujung bulan suci Ramadhan, umat Islam diperintah kan menunaikan zakat fitrah yang bertujuan thuhratan lish-sha-imi wa thu’ matan lil masakin menyucikan diri bagi orang yang berpuasa dan memberi makan buat orang-orang miskin. Beliau juga memerintahkan untuk me nyambungkan tali silaturahim, menyambungkan persaudaraan dan kekeluargaan.