Selasa 11 Jun 2019 18:55 WIB

Transjakarta Angkut 3,5 Juta Pelanggan Saat Libur Lebaran

Transjakarta mencatatkan angkut 3,5 juta penumpang saat libur Lebaran 2019

Rep: Mimi Kartika/ Red: Christiyaningsih
Pemudik menunggu keberangkatan bus TransJakarta di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Ahad (9/6/2019).
Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Pemudik menunggu keberangkatan bus TransJakarta di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Ahad (9/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mencatat jumlah penumpang mencapai 3,5 juta orang saat libur Lebaran 2019. Jumlah itu berdasarkan periode 1-9 Juni dari layanan Bus Rapid Transit (BRT), non-BRT, angkutan mikro, dan bus wisata.

"Berdasarkan data, periode 1 Juni 2019 hingga 9 Juni mencapai 3,5 juta pelanggan," ujar Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono dalam siaran persnya, Selasa (11/6).

Baca Juga

Ia memaparkan dari jumlah tersebut pelanggan bus wisata Transjakarta mencapai 148.100, naik 58.869 atau 65,97 persen. Tahun sebelumnya dari 9-17 Juni 2018 jumlah penumpang lebih sedikit yakni sekitar 89.231 orang.

Transjakarta memiliki tujuh layanan untuk bus wisata. Ketujuh bus tersebut yakni History Jakarta (BW1), Jakarta Modern (BW2), Art & Culinary (BW3), Jakarta Skyscrapers (BW4), RPTRA Kalijodo (BW5), Makam Mbah Priuk (BW6), dan Jakarta Shopping (BW7).

“Paling ramai adalah melewati Monas, kawasan bersejarah yang murah meriah bagi warga untuk berekreasi sambil belajar sejarah,” kata Agung.

Ia mengatakan sebanyak 25 unit bus wisata Transjakarta melayani masyarakat dengan bus tingkat. Untuk mendukung arus mudik, disediakan layanan Transjakarta dari sejumlah terminal menuju Terminal Pulogebang.

Di antaranya Terminal Lebak Bulus, Pasar Minggu, Pinang Ranti, dan Tanjung Priok yang mengangkut 1.353 penumpang. Untuk arus balik disediakan layanan gratis Transjakarta dengan rute Pulogebang-Pulogadung yang melayani 1.882 penumpang.

Selain itu, Transjakarta juga menyediakan layanan rute Kementerian Pertanian-Ragunan (GR3) mulai 6-9 Juni 2019. Fasilitas ini disediakan guna mendukung kelancaran di Kawasan Margasatwa Ragunan saat libur Lebaran.

Agung menambahkan khusus layanan BRT Transjakarta berhasil meraup dua juta penumpang. Sejumlah layanan ke titik-titik wisata mengalami peningkatan. Seperti koridor 5 rute Kampung Melayu-Ancol yang melayani 255.022 penumpang, naik 88.024 atau 52,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya 166.998 penumpang.

Koridor 6 rute Ragunan-Dukuh Atas juga tercatat ada kenaikan pelanggan. Pada 1-9 Juni 2019 sebanyak 190.776 penumpang, naik 55 persen dibandingkan tahun 2018 sekitar 123.013 penumpang.

Peningkatan juga terjadi pada layanan non-BRT yang melayani lebih dari 700 ribu pelanggan. Rute Cawang UKI-TMII (7D) Transjakarta mengangkut 20.199 penumpang, naik 97,58 persen dibandingkan periode Libur Lebaran tahun lalu.

Angkutan mikro Transjakarta juga melayani lebih dari 600 ribu pelanggan. Agung pun mengapresiasi kinerja seluruh Transjakarta yang bertugas pada libur Lebaran.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement