Ahad 16 Jun 2019 20:34 WIB

Diwarnai Tabrakan Beruntun, Marquez Juarai GP Katalunya

Pembalap Honda Jorge Lorenzo menyebabkan tabrakan beruntun.

Red: Endro Yuwanto
Marc Marquez
Foto: EPA-EFE/Larry W Smith
Marc Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, KATALUNYA -- Pembalap tuan rumah Marc Marquez dari tim Repsol Honda menjuarai GP Katalunya, Ahad (16/6), usai balapan yang penuh drama. Marquez menyelesaikan balapan sepanjang 24 putaran di Sirkuit Barcelona-Katalunya, Spanyol, itu tanpa kesalahan untuk finis terdepan.

Marquez unggul 2,660 detik di depan Fabio Quartararo yang meraih podium pertamanya untuk tim satelit Petronas Yamaha SRT. Danilo Petrucci dari Mission Winnow Ducati meraih podium keduanya musim ini setelah finis di P3. Ini merupakan kemenangan kedua Marquez di Katalunya setelah pertama meraih gelar juara pada 2014 lalu.

Balapan berjalan penuh kejutan sejak awal lomba. Andrea Dovizioso dari Mission Winnow Ducati, yang start dari P5 melakukan start yang bagus dan langsung memimpin jalannya lomba sejak tikungan 1. Pun demikian Jorge Lorenzo dari Repsol Honda dari P10 ke P4 di belakang Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha dan Marc Marquez.

Ketika Marquez mendapat celah untuk menyalip Dovizioso, drama terjadi di lap kedua ketika Lorenzo kehilangan grip ban depan dan menyebabkan tabrakan beruntun di tikungan 10. Tabrakan ini melibatkan Dovizioso, Vinales, dan Valentino Rossi. Keempat pebalap itu gagal melanjutkan balapan.