Senin 17 Jun 2019 08:43 WIB

La Liga Jadi Idaman Bintang-Bintang Liga Primer Inggris

Sejarah menunjukkan bintang-bintang Liga Primer Inggris rela ke La Liga di usia emas.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Eden Hazard
Foto: EPA/Rodrigo Jimenez
Eden Hazard

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Liga Primer Inggris boleh dianggap sebagai panggung mewah bagi pesepak bola di dunia. Penuh dengan sorotan, uang, dan ketenaran membuat atlet si kulit bundar manapun sulit menolak pesona kompetisi di Negeri Ratu Elizabeth.

Namun, sejarah menunjukkan La Liga Spanyol merupakan muara terbesar bagi bakat-bakat emas sepak bola di dunia. Bahkan, bintang-bintang Liga Primer Inggris pun sulit menolaknya. Terbaru, tentu saja hijrahnya Eden Hazard dari Chelsea ke klub ibu kota Spanyol, Real Madrid, merupakan bukti sahih atas menggodanya La Liga.

Hazard dan sejumlah bintang Liga Primer Inggris lainnya pindah ke La Liga Spanyol pada usia emas, yakni 28 tahun. Bahkan, tidak sedikit di antaranya merapat ke La Liga ketika jaya dalam usia muda di Liga Primer Inggris. Cristiano Ronaldo merupakan contoh terbaik. Pemain terbaik dunia asal Portugal ini berlabuh ke Santiago Bernabeu dalam usia 24 tahun setelah memenangkan segalanya bersama Manchester United (MU) di Inggris.

Tak salah memang La Liga menjadi magnet begitu dahsyat bagi pesepak bola yang sudah mengenyam banyak kesuksesan di Liga Primer Inggris. Mantan bintang lini depan MU, Javier "Chicharito" Hernandez punya obsesi menjadi stadium-rockstar, seperti Luka Modric di Madrid atau Philippe Coutinho di Barcelona.