REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut Miftah Ahmad dalam tulisannya yang berjudul Sejarah Pendidikan Islam di Suriah, sejumlah lembaga madrasah bermunculan. Perpustakaan-perpustakaan berkembang.
Lembaga-lembaga pendidikan pada masa Dinasti Umayyah adalah sebagai berikut. Shuffah, kuttab, halaqah, majelis, masjid, khan, ribath, rumah-rumah ulama, toko buku dan perpustakaan, rumah sakit, dan badiah (padang pasir dan pedesaan).
Pada masa ini pendidikan Islam berkembang lebih maju daripada masa sebelumnya dan Islam menjadi mercusuar peradaban dunia. Pusat-pusat pengembangan keilmuan tersebar di berbagai penjuru kota-kota besar, seperti Damaskus, Cordova, Baghdad, Kairo, dan lainnya.
Adapun kurikulum pada masa itu lebih dikenal dengan madah atau yang dipahami para ulama pada masa itu sebagai serangkaian pelajaran yang harus diberikan dan dikuasai peserta didik pada tingkatan tertentu.