Kamis 20 Jun 2019 05:44 WIB

AC Milan Konsisten Tunjuk Pelatih tanpa Pengalaman Juara

Giampaolo pelatih ke-9 yang diberi pekerjaan melatih Milan tanpa pernah jadi juara.

Red: Endro Yuwanto
Marco Giampaolo
Foto: EPA-EFE/RICCARDO ANTIMIANI
Marco Giampaolo

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Klub Serie A Liga Italia, AC Milan, resmi mengumumkan penunjukan bekas pelatih kepala Sampdoria, Marco Giampaolo, sebagai arsitek tim mulai musim 2019/2020. Laman resmi Milan pada Kamis (20/6) dini hari WIB menyebutkan, Giampaolo akan mulai bertugas di Milanello pada 1 Juli 2019 dengan kontrak berdurasi dua musim yang disertai klausul tambahan satu tahun.

Penunjukkan Giampaolo melanjutkan tren konsistensi Milan mempekerjakan pelatih yang tak berpengalaman menjadi juara di klub-klub sebelumnya yang ditangani. Giampaolo jadi pelatih kesembilan yang diberi pekerjaan melatih Milan tanpa pernah menjadi juara.

Terakhir kali langkah itu berbuah gelar adalah pada 2010/2011, saat Milan menunjuk Max Allegri dan ia langsung membawa Rossoneri menjuarai Serie A pada musim perdananya di San Siro.

Giampaolo tiba di San Siro berbekal catatan kariernya menjadi pelatih sejak 2004 bersama sembilan tim. Selama kariernya, ia telah mendampingi tim-timnya dalam 324 pertandingan, yang 270 di antaranya di level Serie A.