Ahad 23 Jun 2019 17:57 WIB

Cerita Bang Yos, Gubernur Lima Presiden

Pertama jabat gubernur Bang Yos seperti melangkah ke habitat yang kontradiktif.

Red: Indira Rezkisari
Sutiyoso
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sutiyoso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak sudah cerita yang terjadi di Ibu Kota Jakarta dalam berbagai masa atau zaman hingga hari ini. Alias sejak kelahirannya pada 492 tahun yang lalu.

Mulai dari zaman penguasaan Kerajaan Padjadjaran yang bercorak Hindu-Buddha dengan nama Sunda Kalapa. Lalu penaklukan kawasan ini pada 22 Mei 1527 oleh Kesultanan Demak melalui panglimanya Fatahillah yang membangun kota Jayakarta dan akhirnya ditetapkan sebagai hari lahir kota pesisir utara Jawa ini. Hingga memasuki zaman kolonial ketika kota ini berada di bawah kekuasaan kongsi dagang Belanda VOC dan Kerajaan Belanda.

Baca Juga

Belanda yang kala itu mengganti nama kawasan ini menjadi Batavia, akhirnya pergi setelah Jepang datang pada 1942 dan dimulailah penggunaan kosakata Jakarta menjadi nama kota ini menembus zaman hingga sekarang.

Sejak masa kemerdekaan, pembangunan kota yang akhirnya menjadi ibu kota negara Indonesia ini, terbilang sangat pesat dan masif dengan jasa para pemimpinnya yang disandang oleh seorang gubernur, walau diwarnai dengan berbagai kejadian besar seperti pergantian orde lama ke orde baru dan juga ke era reformasi. Dari deretan nama gubernur yang menjadi pemimpin ibu kota, tersemat nama-nama kontroversial di dalamnya