Ahad 23 Jun 2019 22:15 WIB

Cerita Kocak Si Juki Melancong di Belitung

Si Juki Jalan-Jalan Nusantara diharap menambah pengetahuan alam di Indonesia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Kreator karakter komik Si Juki, Faza Meonk, usai peluncuran Si Juki seri Jalan-jalan Nusantara di Gedung Kemenko Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (21/6).
Foto: Republika/Gumanti Awaliyah
Kreator karakter komik Si Juki, Faza Meonk, usai peluncuran Si Juki seri Jalan-jalan Nusantara di Gedung Kemenko Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (21/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Si Juki dan Mang Awung kembali bertualang. Kali ini keduanya pergi menjelajah Bangka Belitung, pulau eksotis yang kian dikenal pasca film Laskar Pelangi. Dengan gaya khasnya yang nyeleneh, Juki dan Mang Awung mencoba mengajak para pembaca untuk lebih akrab dengan makanan dan tempat khas di Bangka Belitung.

Petualangan Si Juki dan Mang Awung kali ini hadir dalam komik Si Juki seri Jalan-jalan Nusantara: Petualangan di Bangka Belitung. Komik kedua dari total 10 seri Jalan-jalan Nusantara ini dirilis atas kerjasama Kemenko Bidang Kemaritiman dan Elex Media, sebagai upaya mempromosikan keindahan alam Indonesia.

Baca Juga

"Ini seri kedua dari 10 seri Jalan-jalan Nusantara. Dalam komik seri ini Si Juki tetap dengan karakternya yang selalu kritis, meski tidak sekritis biasanya. Karena komik ini lebih pada promosi wisata, budaya dan makanan khas di Bangka Belitung jadi alurnya lebih ke panduan wisata," kata kreator karakter komik Si Juki, Faza Meonk usai peluncuran komik di Gedung Kemenko Kemaritiman Jakarta, beberapa waktu lalu.

Oleh Faza, perjalanan tokoh Si Juki dan Mang Awung diceritakan lebih ringan dan unik. Karena memang segmentasi komik seri Jalan-jalan Nusantara menyasar anak-anak sekolah dasar (SD) dan SMP. Canda dan tawa khas Si Juki berpadu dengan keindahan potensi maritim Indonesia di Belitung.