Senin 24 Jun 2019 15:21 WIB

Maskapai Kargo Terbesar Eropa Gandeng JAS Sebagai Mitra

Cargolux mencatatkan sebagai maskapai kargo Eropa pertama yang memasuki Indonesia.

Rep: Alkhaledi kurnialam/ Red: Gita Amanda
Pesawat Cargolux melakukan proses loading / unloading pesawat freighter Boeing 747F yang menbawa total kargo seberat 77,395 ton, mengangkut 25 ekor kuda dan berbagai suku cadang.
Foto: dok. JAS
Pesawat Cargolux melakukan proses loading / unloading pesawat freighter Boeing 747F yang menbawa total kargo seberat 77,395 ton, mengangkut 25 ekor kuda dan berbagai suku cadang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) dipercaya menangani ground dan cargo handling maskapai besar Eropa Cargolux, dengan rute Luxembourg-Jakarta. Dengan kerja sama ini, Cargolux mencatatkan sebagai maskapai kargo Eropa pertama yang memasuki Indonesia.

Presiden Direktur JAS Airport Services Adji Gunawan, mengungkapkan kebanggaannya telah terpilih sebagai mitra Cargolux yang juga merupakan anggota Asosiasi Maskapai Eropa (AEA) dan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

Baca Juga

“Ini merupakan kontrak bisnis pertama yang diraih JAS di tahun 2019. Suatu kebanggaan bagi kami dapat terpilih dalam memberikan layanan ramp dan cargo handling bagi maskapai kargo terbesar Eropa ini. Sudah menjadi komitmen JAS dari dulu untuk terus dapat berkontribusi dalam dunia logistik di Indonesia," jelas Adji.

Cargolux melakukan terbang perdana dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta Senin (24/6) yang disambut dengan water salute. Selanjutnya, JAS akan melakukan proses loading dan unloading pesawat freighter Boeing 747F yang membawa total kargo seberat 77,395 ton, 25 ekor kuda dan berbagai suku cadang.

Head Corporate Communications dari Cargolux Sigurdardottir Moa, mengemukakan alasan bermitra dengan JAS adalah karena pengalaman JAS selama 35 tahun lebih dalam menangani ground dan cargo handling berbagai pesawat freighter. JAS juga memiliki sertifikasi ISAGO (IATA Safety Audit for Ground Operations) dan sertifikat RA3 yang sesuai aturan Uni Eropa.

"Sebelumnya, JAS telah sukses menangani pesawat charter kami ke Jakarta sebanyak 4 kali terkait Asian Games 2018. Saat itu kami mengangkut banyak kuda. Fasilitas gudang JAS juga lengkap," kata Sigurdardottir Moa.

Gudang JAS juga dilengkapi dengan pemantauan CCTV, fasilitas penanganan cepat (rush handling), ruang dingin (cold storage), strong room, penyimpanan barang berbahaya, ruang hewan (pet shelter), dual X-Ray dan asuransi kargo. Bahkan JAS juga memiliki aplikasi Playstore yaitu JAS Cargo Apps untuk memudahkan pelanggan memantau pengiriman barang.

Sementara itu Sigurdardottir Moa juga menjelaskan bahwa terpilihnya Jakarta menjadi tujuan ke-16 dari jaringan Asia Pasifik (APAC) Cargolux karena Jakarta dianggap sebagai salah satu pintu gerbang utama untuk produk-produk Eropa yang ditujukan untuk pasar ASEAN. Cargolux memiliki jaringan seluruh dunia yang mencakup lebih dari 75 tujuan.

"Sebelumnya kargo diangkut melalui jaringan kami di Malaysia atau Singapura. Dengan meningkatnya permintaan dari para pelanggan di Jakarta, kami percaya ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan ekspansi jaringan ke Jakarta," ujar Sigurdardottir.

Menjadi maskapai satu-satunya yang terbang antara Eropa dan Indonesia, Cargolux bisa mengangkut kargo sampai 200-300 ton perbulan. Komoditas kargo impor biasanya meliputi peralatan minyak dan gas, mesin dan suku cadang, barang berbahaya, hewan hidup, bahan baku, bahan mudah rusak, pakaian serta kargo konsolidasi. Sedangkan untuk kargo ekspor, Cargolux mengangkut mesin pesawat terbang, mesin industri, pakaian, alas kaki, farmasi serta peralatan minyak dan gas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement