Jumat 28 Jun 2019 18:02 WIB

KPAI: Harusnya tak Ada Toleransi terhadap Iklan Rokok

KPAI menolak iklan rokok dalam bentuk apapun, di manapun.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Reiny Dwinanda
Susanto - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
Foto: Republika/ Wihdan
Susanto - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto menyatakan pihaknya tidak memiliki toleransi sedikit pun terhadap iklan rokok. Ia menjelaskan, rokok mengandung zat adiktif yang seharusnya tidak boleh dipromosikan.

"Untuk menjamin kualitas tumbuh kembang anak, harusnya zero tolerance terhadap iklan rokok di manapun dan kapanpun," kata Susanto pada Republika.co.id, Jumat (28/6).

Baca Juga

Iklan rokok di internet yang melanggar peraturan sudah mulai diblokir dan di media lain pun iklan rokok memiliki aturan yang ketat. Namun, lembaga riset Nielsen Media dalam studi terbarunya, Nielsen Consumer Media & View, mencatat rokok mendominasi di 3.000 iklan media luar ruang yang ada di 11 kota di Indonesia pada tahun ini.  

Terkait hal tersebut, Susanto mengatakan KPAI selalu meminta semua pihak untuk menghentikan iklan rokok dalam bentuk apapun. "Baik dalam bentuk iklan cetak, iklan elektronik, radio, tv, film, iklan media digital interaktif, maupun iklan luar ruang, seperti billboard atau display," kata Susanto.

KPAI, menurut Susanto, berupaya maksimal agar RUU Penyiaran memuat aturan yang memungkinkan agar iklan rokok tidak diizinkan untuk tayang. Ia mengungkapkan bahwa selama ini iklan rokok masih dibolehkan dengan syarat-syarat tertentu. KPAI menginginkan segala bentuk iklan rokok untuk dihapus apapun variasinya.

"Kalau itu masih ada sebenarnya enggak boleh karena demi menyelamatkan anak-anak bangsa kita. Namanya rokok itu ya dampak negatifnya jauh lebih besar," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement