Ahad 30 Jun 2019 16:50 WIB

PTTEP Gandeng Dompet Dhuafa Cari 100 Duta Sehat untuk Negeri

Duta Sehat diharapkan mengabdi untuk menuntaskan permasalahan kesehatan Indonesia.

Red: Gita Amanda
Titiek Puspa terpilih menjadi satu dari 100 Duta Sehat yang diselenggarakan PPTEP dan Dompet Dhuafa.
Foto: Dompet Dhuafa
Titiek Puspa terpilih menjadi satu dari 100 Duta Sehat yang diselenggarakan PPTEP dan Dompet Dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PTTEP perusahaan minyak dan gas asal Thailand bersama Dompet Dhuafa memilih 100 Duta Sehat yang siap mengabdi untuk menuntaskan permasalahan kesehatan di Indonesia. Data Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mencatat, masih ada beberapa penyakit yang menjadi masalah kesehatan Indonesia di sepanjang 2018, seperti gizi buruk, penyakit menular, dan kesehatan mental.

Program pemilihan 100 Duta Sehat ini dilakukan melalui Gerai Sehat Rorotan yang didirikan PTTEP dan Dompet Dhuafa sejak 2014 lalu, sekaligus sebagai puncak peringatan HUT ke-4 gerai sehat tersebut. Gerai Sehat Rorotan merupakan fasilitas kesehatan untuk masyarakat umum dan dhuafa yang mengusung visi dan misi ikut mensukseskan program-program kesehatan Kemenkes.

Baca Juga

Direktur CSR Dompet Dhuafa Social Enterprise, Herdiansah menjelaskan, 100 Duta Sehat yang terpilih adalah dari kalangan mahasiswa dengan latar belakang pendidikan kedokteran, kesehatan masyarakat, dan ilmu gizi. Para calon Duta Sehat dipilih dari berbagai universitas, antara lain Universitas Indonesia, Trisakti, IPB, UIN, dan UPN Veteran Jakarta.

Sebelum terpilih menjadi duta sehat Indonesia, kandidat duta sehat wajib mengikuti serangkaian seleksi proposal, presentasi, dan penjurian yang dilakukan oleh para dokter yang berasal dari berbagai universitas. Selanjutnya, 100 Duta sehat yang terpilih akan mendapatkan bantuan program guna mendukung kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan. Laporan hasil pengabdian masyrakat ini akan dibuat menjadi satu buku report bertema "Dedikasi untuk Negari".