Ahad 30 Jun 2019 17:45 WIB

Otoritas Prancis Ungkap Dua Penyebab Kebakaran Notre Dame

Investigator mengerucutkan beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kebakaran

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih
Katedral Notre-Dame di Paris terbakar
Foto: AP
Katedral Notre-Dame di Paris terbakar

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Otoritas Prancis telah melakukan investigasi awal untuk mengetahui penyebab kebakaran besar yang melahap bangunan Notre Dame pada April lalu. Meski belum berhasil menemukan penyebab pasti kebakaran, para investigator berhasil mengerucutkan beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kebakaran tersebut.

Otoritas Prancis mengungkapkan kebakaran Notre Dame kemungkinan dipicu oleh kelalaian. Prosekutor Paris Remy Heitz mengatakan salah satu bentuk kelalaian yang dicurigai menjadi pemicu kebakaran Notre Dame adalah rokok yang dijentikkan atau dibuang secara sembarangan.

Baca Juga

Bentuk kelalaian lain yang dicurigai menjadi pemicu kebakaran Notre Dame adalah masalah kelistrikan. Heitz mengatakan kebakaran bisa saja dipicu oleh aliran listrik yang tidak tersusun dengan baik.

Heitz menambahkan, investigasi awal memang tidak menemukan adanya bukti bahwa api yang melahap Notre Dame muncul akibat kesengajaan. Meski begitu, Heitz mengatakan pihaknya belum benar-benar membuang kemungkinan adanya tindak kriminal yang disengaja terkait kebakaran Notre Dame.