Senin 01 Jul 2019 17:38 WIB

Satgas Terbangkan 3 Helikopter Padamkan Karhutla Riau

Tiga helikopter bantuan BNPB itu diterbangkan ke Teluk Bano dan Tanjung Leban.

Red: Ratna Puspita
Pemadaman kebakaran hutan dan lahan dengan helikopter
Foto: Antara/FB Anggoro
Pemadaman kebakaran hutan dan lahan dengan helikopter

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Satuan tugas pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Riau menerbangkan tiga unit helikopter. Tiga helikopter ini guna mengatasi titik-titik api yang menyebar di pesisir wilayah tersebut, tepatnya Kabupaten Rokan Hilir.

Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau Edwar Sanger  mengatakan, tiga helikopter bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu diterbangkan ke wilayah Teluk Bano dan Tanjung Leban. "Hari ini fokus kita masih di Teluk Bano dan Tanjung Leban Rokan Hilir. Ada tiga helikopter beroperasi ke sana," kata Edwar di Pekanbaru, Senin (1/7).

Baca Juga

Ketiga helikopter yang diharapkan mengatasi Karhutla melalui operasi pengeboman air atau water bombing tersebut masing-masing jenis Sikorsky, Mi-171 dan Kamov. Tiga helikopter yang mulai beroperasi sejak Riau menetapkan status siaga Karhutla awal tahun ini tersebut mulai difokuskan beroperasi ke wilayah Rokan Hilir sejak akhir pekan kemarin. Tercatat, lebih dari 40 hektare lahan terbakar di wilayah tersebut.

Kondisi itu berpotensi semakin meluas karena cuaca di wilayah itu saat ini cukup panas dan minim hujan. Sementara, lokasi lahan terbakar sendiri berjenis gambut yang pada saat musim panas ini dengan mudah berpotensi terbakar.