Jumat 05 Jul 2019 15:45 WIB

Peru yang Tampil Mengejutkan di Copa America 2019 Brasil

Setelah 44 tahun, Peru kembali merasakan partai puncak Copa America.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Cile Arturo Vidal berebut bola dengan pemain Peru Yoshimar Yotun (kanan) dalam pertandingan semifinal Copa America 2019, Kamis (4/7) pagi WIB.
Foto: EPA
Pemain Cile Arturo Vidal berebut bola dengan pemain Peru Yoshimar Yotun (kanan) dalam pertandingan semifinal Copa America 2019, Kamis (4/7) pagi WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO ALEGRE -- Tahun 1975 merupakan terakhir kali Peru mencapai final Copa America saat mengalahkan Kolombia 1-0. Kini, setelah 44 tahun, the Incas kembali merasakan partai puncak kompetisi sepak bola tertinggi Amerika Latin tersebut.

Peru dengan meyakinkan menaklukkan juara bertahan Cile dengan skor 3-0, Kamis (4/7). Peru sudah mengungguli Cile dua gol tanpa balas di babak pertama lewat gol dari Flores dan Yotun.

Guerrero kemudian menutup kemenangan Peru setelah mencetak gol jelang pertandingan berakhir. Kemenangan Peru ini juga tidak terlepas dari penampilan apik kiper Pedro Gallese, yang beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang. Cile punya peluang memperkecil ketertinggalan setelah mendapatkan penalti di masa injury time. Namun Eduardo Vargas gagal melakukan tugasnya dengan baik setelah tendangan ala panenkanya ditebak oleh Gallese.

Peru di bawah asuhan pelatih Ricardo Gareca memang tampil beringas. The Incas telah tampil di Piala Dunia 2018 dan kemudian mampu tampil di Copa America 2019. Maret lalu, saat Peru mengalahkan Paraguay dan kalah dari El Salvador, Ricardo Gareca menghibur timnya bahwa mampu melawan siapa pun.