Kamis 11 Jul 2019 15:35 WIB

PLN Siap Investasi Dukung Pengembangan Pariwisata Sumut

Peningkatan konsumsi listrik per kapita di Sulawesi Utara mengalami kenaikan.

Red: Gita Amanda
Petugas PLN. Ilustrasi.
Foto: Antara
Petugas PLN. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) siap melakukan investasi listrik guna mendukung program Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengembangkan sektor pariwisata di Provinsi Sulawesi utara (Sulut). Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Syamsul Huda, mengatakan pihaknya siap membangun kelistrikan di Sulawesi Utara guna menopang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut, khususnya di sektor pariwisata.

Huda menjelaskan peningkatan konsumsi listrik per kapita di Sulawesi Utara mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan menggeliatnya bisnis pariwisata dan industri yang ada di Manado dan sekitarnya.

Baca Juga

Selain itu, lanjut dia, rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara yang akan membuat provinsi itu menjadi pusat perdagangan di Indonesia bakal membutuhkan dukungan listrik yang besar. Ia menyebut ada potensi pelanggan kurang lebih dengan total kebutuhan listrik sebesar 250 MW hal ini, yang perlu di antisipasi.

"PLN siap untuk melancarkan rencana yang dicanangkan oleh pemprov di Sulawesi. Baik dalam hal infrastruktur dan ketersediaan listrik," ujar Huda.